Selasa, 18 Mei 2021

Tidak Hanya TNKS, Kawasan KPHP Juga Dirambah


Kamis, 29 April 2021 | 10:38:56 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Perambahan hutan kini tidak hanya terjadi di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), namun aksi para penjarahan hutan juga terjadi di Hutan Produksi.

Seperti yang terjadi di Renah Kayu Embun (RKE), Kecamatan Kumun Debai, Sungaipenuh, dimana pihak Kesatuan pengelolaan hutan produksi (KPHP) I telah melakukan penindakan terhadap perambah hutan produksi.

Kepala KPHP I Kerinci Neneng saat dikonfirmasi membenarkan adanya perambahan tersebut. Dia mengatakan pihaknya sudah memasang garis larangan dan himbauan larangan perambahan hutan.

"Kita sudah lakukan penindakan sesuai tahapan, salah satunya pemasangan papan larangan/himbauan penebangan hutan produksi dan memasang batasan hutan produksi," jelasnya, Kamis (29/4/2021).

Pihaknya juga sudah memberi peringatan kepada pelaku yang melakukan perambahan hutan produksi tersebut. "Kalau masih terjadi lagi, maka pelaku akan ditangkap dan diproses secara hukum," tegasnya.

Ditanya luasan yang dirambah, Neneng mengatakan, sekitar 5 hektare yang dirambah di Renah Kayu Embun. "Kalau angka pasti belum tau, tapi sekitar 5 hektare yang telah dirambah," katanya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments