Minggu, 20 Juni 2021

Usulan Revitalisasi Pasar Belum Disetujui Pusat

Kamis, 29 April 2021 | 13:22:16 WIB


Zidni Aisyah
Zidni Aisyah / dokumentasi - Metrojambi.com

 JAMBI - Usulan revitalisasi pasar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk kabupaten/kota se-Provinsi Jambi hingga saat ini belum ada kejelasan. Besar kemungkinan untuk tahun ini kabupaten/kota akan gigit jari, meski pengajuan tahap pertama berakhir hingga awal Mei.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Zidni Aisyah menjelaskan, untuk pengajuan tahap pertama hingga awal Mei. Namun hingga saat ini belum ada satu pun pengajuan revitalisasi kabupaten/kota yang disetujui.

Padahal setiap tahun, kata Zidni, ada beberapa kabupaten/kota yang mendapat kucuran dana DAK tersebut. "Belum ada yang disetujui. Biasanya setiap tahun ada beberapa kabupaten/kota yang mendapat revitalisasi pasar tersebut," ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Ditambahkannya, Pemprov Jambi hanya merekomendasikan saja. Persoalan item apa yang akan diajukan dan teknisnya itu kembali ke kabupaten/kota masing-masing.

Adapun daerah yang sering kali mendapat dana DAK dari Kementerian Perdagangan yakni Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar)n Muarojambi, Bungo, dan Sarolangun.

Zidni menyebutkan, tahun ini Tanjabbar mengajukan tiga pasar. Salah satunya Pasar Kuwatik yang memang menjadi skala prioritas karena awan bencana.

"Karena lokasi pasar tersebut berada di pinggiran laut. Kemudian ada Pasar Purwodadi dan pasar Sri Agung. Nah pasar tahun ini tidak satu pun yang disetujui," papar Zidni.

Biasanya, untuk proses pengajuan ada dua tahapan. Untuk tahap kedua biasanya pada saat penetapan APBN perubahan di bulan Juli dan Agutus.

"Nah memang yang tahap pertama ini tidak ada yang diacc. Akan tetapi besar kemungkinan di tahap kedua ada salah satu yang disetujui," pungkasnya.


Penulis: Achy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments