Minggu, 20 Juni 2021

Kapolda: Masuk Jambi Wajib Tunjukkan Surat Bebas Covid-19

Jumat, 30 April 2021 | 17:16:07 WIB


Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo meninjau posko penyekatan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah di Kabupaten Bungo, Jumat (30/4/2021)
Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo meninjau posko penyekatan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah di Kabupaten Bungo, Jumat (30/4/2021) / Metrojambi.com

MUARABUNGO – Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengecek kesiapan pos penyekatan arus mudik Idul Fitri 1442 Hijriah di perbatasan Jambi-Sumatera Barat, tepatnya di di Jalan Lintas Sumatera, Km 50 Rantau Ikil, Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo.

Pantauan di lapangan, setiap bus yang melintas di depan posko penyakatan diberhentikan oleh petugas untuk dilakukan pemeriksaan. Setiap penumpang diminta untuk menunjukkan surat bebas Covid-19.

Jika dari hasil pemeriksaan ada penumpang yang tidak dapat menunjukkan surat bukti bebas Covid-19, maka bus diperintahkan untuk putas balik, tidak diperbolehkan untuk melanjutkan perjalanan melintasi wilayah Jambi.

Irjen Rachmad mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 13 tahun 2021 bahwa mulai tanggal 22 April hingga 5 Mei 2021 setiap orang yang melakukan perlintasan antar kota antar provinsi wajib memiliki surat bebas Covid-19.

“Setiap warga yang melintas wajib memiliki surat bebas Covid-19, baik itu swab PCR ataupun rapid antigen yang berlaku 1x24 jam,” kata Rachmad.

Ditegaskan Rachmad, bagi warga yang tidak bisa menunjukkan surat bebas Covid-19 untuk melintas di perbatasan Jambi, maka akan dilakukan swab di tempat, atau diminta untuk putar balik kembali ke daerah asal.

“Kita sarankan untuk swab di tempat (pos pengetatan, red) menggunakan GeNose C-19. Saya sudah sarankan kepada kepala posko dan Wakil Bupati Bungo untuk menyiapkan swab GeNose C-19 di posko. Jika tidak ada, yang melintas harus putar balik,” tegas Rachmad.

Lebih lanjut, Rachmad mengimbau bagi masyarakat yang mau melintas sebelum pelarangan mudik, 6-17 Mei, wajib memiliki surat bebas Covid-19 yang berlaku 1x24 jam. “Mari sama-sama menjaga agar tidak ada penambahan pasien Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Jambi Kombes Pol Heru Sutopo mengatakan, bagi pelaku perjalanan darat antar kecamatan, kabupaten, hingga provinsi diwajibkan untuk menunjukkan hasil swab Covid-19.

“Kami minta pelaku perjalanan untuk bisa menunjukkan hasil swab Covid-19. Kalau tidak ada swab bisa cek di tempat. Jika tidak, maka harus putar balik,” ujarnya.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments