Sabtu, 15 Mei 2021

30 Ribu Surat Suara PSU Pilgub Jambi Dijadwalkan Tiba Pekan Ini


Senin, 03 Mei 2021 | 22:41:38 WIB


Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi Bawaslu bersama Ketua KPU Provinsi Jambi validasi surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi tahun 2020 di Kota Bekasi, Jawa Barat. Surat suara PSU Pilgub Jambi akan tiba di Kantor KPU Provinsi Jambi pada hari Jumat (7/5)
Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi Bawaslu bersama Ketua KPU Provinsi Jambi validasi surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi tahun 2020 di Kota Bekasi, Jawa Barat. Surat suara PSU Pilgub Jambi akan tiba di Kantor KPU Provinsi Jambi pada hari Jumat (7/5) / Antara

 JAMBI - Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan mengatakan surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi tahun 2020 dijadwalkan tiba paling lambat Jumat (7/5) pekan ini.

"Hari ini kita sedang melakukan pengecekan desain surat suara di percetakan, besok akan di cetak dan hari Rabu di kirim ke KPU Provinsi Jambi, paling lambat hari Jumat surat suara sudah tiba di Kantor KPU Provinsi Jambi," kata Subhan, Senin (3/5).

KPU Provinsi Jambi mencetak surat suara di Kota Bekasi, Jawa Barat di tempat sebelumnya mencetak surat suara pemilihan gubernur Jambi. Ada 30 ribu surat suara PSU Pilgub Jambi tahun 2020 yang dicetak.

Dijelaskan Subhan, surat suara PSU Pilgub Jambi dikirim ke Jambi melalui jalur darat dengan pengawalan dari pihak kepolisian. Surat suara PSU tersebut akan disimpan di Kantor KPU Provinsi Jambi terlebih dahulu.

Baru setelah hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, surat suara tersebut didistribusikan ke lima kabupaten dan kota lokasi PSU Pilgub Jambi dilaksanakan.

"Jumlah surat suara yang dicetak yakni sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) PSU Pilgub Jambi ditambah dengan 2,5 persen dari jumlah DPT PSU tersebut," kata Subhan.

Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi mengatakan pihaknya pada hari ini Senin (3/5) melakukan validasi terhadap desain surat suara PSU Pilgub Jambi yang akan di cetak di percetakan.

Validasi desain surat suara tersebut penting dilakukan untuk memastikan surat suara PSU Pilgub Jambi yang akan dicetak sesuai dengan desain surat suara PSU Pilgub Jambi.

Hal itu dikarenakan surat suara tersebut berbeda dengan surat suara pemilihan Gubernur Jambi pada 9 Desember 2020 lalu. Dimana pada surat suara PSU Pilgub Jambi tersebut terdapat logo PSU yang membedakan dengan surat suara Pilgub Jambi sebelumnya.

"Hari ini kita validasi surat suara PSU Pilgub Jambi terkait foto, warna, dan segala macam-nya, hasil validasi kita sudah sesuai dan besok akan dicetak," kata Fahrul Rozi saat di hubungi via telepon.

Dijelaskan Fahrul Rozi, validasi dan pengecekan yang dilakukan oleh Bawaslu tersebut untuk memastikan logistik PSU Pilgub Jambi dapat didistribusikan dengan tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran. Sehingga kejadian TPS yang kekurangan paku dan jenis-jenis logistik lainnya pada saat Pilgub Jambi 9 Desember 2020 lalu tidak lagi terjadi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments