Rabu, 23 Juni 2021

BI Gelar Lomba Penulisan Artikel Opini dan Featured News

Sambut Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018

Jumat, 20 Juli 2018 | 16:34:08 WIB


/

JAMBI - Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah salah satu kegiatan terbesar di dunia. Pada Oktober 2018, akan digelar pertemuan keuangan terbesar di dunia, yaitu Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 (2018 IMF-WBG Annual Meetings).

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah menunjukkan tingginya kepercayaan dunia internasional, sekaligus bentuk pengakuan atas keberhasilan Indonesia di bidang ekonomi.

Kepala Unit Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jambi, Aya Sophia menyebutkan, acara ini akan dihadiri Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara anggota IMF dan World Bank.

Selain itu, ribuan investor, pelaku bisnis, instansi parlemen, komunitas perbankan, organisasi kemasyarakatan, akademisi, media dan partisipan lain, dengan total delegasi diperkirakan mencapai lebih dari 15.000 orang.

Dikatakannya, berdasarkan rilis dari pusat, kehadiran 15 ribu tamu dan berbagai pertemuan serta event lainnya yang akan digelar di Nusa Dua, Bali, ini diharapkan memberi manfaat besar bagi Indonesia, baik manfaat jangka panjang maupun jangka pendek.

Selain dampak langsung yang bisa dirasakan adalah devisa yang masuk dari kehadiran para peserta, acara ini juga akan menjadi ajang promosi pariwisata Indonesia serta kemajuan perekonomian Indonesia.

"Indonesia juga memiliki kesempatan tampil dan memperkenalkan dirinya sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan yang baik di banyak bidang, sekaligus mempromosikan potensi-potensi sumber daya yang dimilikinya, serta kebijakan ekonominya yang reformis, adaptif dan berdaya tahan," ujarnya.

Guna memeriahkan ajang ini, Bank Indonesia juga menggelar lomba penulisan artikel opini dan featured news dengan tema “Ketika Dunia Datang ke Indonesia: Memanfaatkan Momentum Pertemuan Ekonomi dan Keuangan Terbesar Dunia untuk mendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia”.

Ketentuan umum lomba adalah, lomba terbuka untuk warga Indonesia yang dibuktikan dengan kartu identitas pada saat pengiriman materi lomba.

Lomba tertutup untuk seluruh karyawan Bank Indonesia dan Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018. Bentuk tulisan yang diikutkan dalam lomba adalah tulisan opini untuk kategori umum dan featured news untuk kategori wartawan.

Artikel harus pernah ditayangkan/dimuat di media pers cetak atau online, baik skala nasional, internasional maupun regional/lokal, selama periode waktu 1 Januari sampai 31 Agustus 2018.

Judul artikel bebas sepanjang sesuai dengan tema dan tujuan lomba. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan panjang maksimal 1.500 kata.

Karya lomba merupakan tulisan baru dan asli, bukan hasil daur ulang atau saduran atau terjemahan, apalagi hasil plagiasi. Panitia lomba dengan ini dibebaskan dari tuntutan pihak ketiga yang merasa dirugikan oleh peserta lomba terkait keaslian dan keabsahan tulisan yang diikutkan dalam lomba.

Karya Lomba belum pernah diikutkan atau memenangkan perlombaan apapun. Peserta juga boleh mengirimkan lebih dari satu karya lomba tapi hanya di kategori yang sama.

"Pengiriman karya lomba diterima paling lambat pada tanggal 4 September 2018 pukul 23.59 WIB (harap perhatikan zona waktu di daerah anda). Pemenang akan diumumkan pada tanggal 19 September 2018 di website Bank Indonesia www.bi.go.id dan web site Panitia Nasional Annual Meetings IMF WB 2018 am2018bali.go.id dan saluran media sosial Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018," jelas Aya.

Hadiah yang akan diperoleh untuk kategori masyarakat umum yakni, Juara 1 Macbook Pro 256 GB, juara 2 Macbook Air 256 GB, juara 3 Samsung Galaxy S9 dan 7 Finalis: @ Rp 1.000.000. Begitu pula hadiah yang sama untuk kategori wartawan. Info lebih lanjut terkait syarat dan ketentuan lainnya  hubungi : [email protected]


Penulis: Jainal Abidin
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments