Minggu, 20 Juni 2021

1.853 Tenaga Kesehatan di Batanghari Jadi Prioritas Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

Selasa, 05 Januari 2021 | 21:31:48 WIB


Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yennie, Mars
Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr. Elfie Yennie, Mars / dok.metrojambi.com

 MUARABULIAN - Lebih kurang 1.853 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Batanghari akan mendapat suntikan vaksin Covid-19 pada kesempatan pertama di daerah itu.

"Vaksin covid sudah sampai di Jambi. Saat ini disimpan di instalasi Farmasi Dinkes Provinsi Jambi. Informasinya minggu depan akan diserahkan ke kabupaten/kota," kata Jubir Satgas Pemanganan Covid-19 Kabupaten Batanghari, dr. Elfi Yennie, Mars, Selasa (5/1/2021).

Mengacu pada Juknis vaksinasi yang tertuang dalam SK Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes  RI, vaksinasi akan dilakukan dalam empat tahap, dimana sasaran tahap pertama adalah tenaga kesehatan.

"Data sementara 1.853 tenaga kesehatan di Kabupaten Batanghari yang akan menerima vaksinasi," sebut Elfie.

Menjelang vaksinasi dilaksanakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari telah melakukan rangkaian persiapan. Diawali dengan pendataan sasaran, dilanjutkan dengan penyiapan fasilitas kesehatan tempat vaksinasi.

"Selanjutnya kita juga lakukan persiapan logistik vaksinasi, dan yang paling penting kesiapan  petugas pelaksana vaksinasi," ujarnya.

Dengan keterbatasan jumlah dosis yang tiba, sasaran utama vaksinasi tahap pertama adalah tenaga kesehatan yang berusia 18 hingga 59 tahun.

"Sesuai ketentuan, nakes usia 18-59 tahun yang aktif melakukan praktek profesi atau punya surat izin praktik," tutupnya.


Penulis: Chy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments