Rabu, 23 Juni 2021

Ketua DPRD Bersama Kapolda Pantau Kesiapan Pencegahan Karhutla

Selasa, 02 Maret 2021 | 12:11:44 WIB


Ketua DPRD Bersama Kapolda Pantau Kesiapan Pencegahan Karhutla
Ketua DPRD Bersama Kapolda Pantau Kesiapan Pencegahan Karhutla / istimewa

JAMBI - Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto dan Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo serta Kepala BPBD Jambi menunjukkan kekompakannya dalam melakukan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Ini terlihat saat Kapolda Jambi bersama Ketua DPRD memantau kesiapan pencegahan Karhutla di kawasan PT BEP, Desa Puding, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muarojambi, Selasa (2/3).

Yang menarik Kapolda menyopiri langsung rombongan. Edi purwanto sendiri mengaku menjadi ajudan bersama kepala BPBD yang berada di tengah.

Ia mengatakan jika dirinya bersama kepala BPPD Provinsi Jambi memantau kesiapan pasukan TNI/Polri dalam rangka pencegahan karhutla.

Desa Puding sendiri merupakan salah satu langganan karhutla. Bahkan desa ini sempat viral karena langitnya memerah akibat kebakaran. Edi mengatakan jika Karhutla selalu menjadi ancaman dalam setiap musim kemarau. Terutama di lahan gambut.

Karena itu, kesiapan dalam melakukan langkah-langkah pencegahan sangat penting. Tentunya dengan sinergisitas seluruh pihak. Selain itu kedatangannya langsung ke Desa Puding juga ingin melihat langsung usaha-usaha yang sudah dilakukan. Termasuk perusahaan yang berada di lokasi rawan karhutla.

“Kami mengapresiasi kesiapsiagaan TNI/Polri, kami berharap ini menjadi kerja-kerja jangka panjang yang berkesinambungan, terukur dan berdampak nyata, maka harus ada grand design, nggak bisa dadakan, terkait peraturan dan anggaran, DPRD siap mendukung," kata Edi.

Ia bersama Kapolda juga memberikan support dan semangat kepada petugas baik dari TNI/Polri dan BPBD untuk terus bekerja karena saat ini sudah masuk musim kemarau dan ditambah lagi di era pandemi Covid-19.

"Tentu kita memberikan support dan semangat kepada petugas pemadam kebakaran termasuk petugas- petugas lain, dan kesiapan antisipasi terhadap kebakaran lahan baik sengaja maupun tidak sengaja, perorangan maupun korporasi,” katanya.
Ia juga mengatakan, sebagai ketua DPRD Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih atas kesigapan TNI/Polri.

"Tadi mendadak saya dihubungi jam 12:50, beliau bilang setengah dua kita akan berangkat melihat pasukan di bawah, memberikan support dan semangat supaya sinergitas dalam rangka menangani karhutla di Jambi bisa berjalan baik," katanya.
Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolda dan Danrem 042/Gapu. "Mudah-mudahan sukses dan manfaatnya semakin banyak untuk masyarakat Jambi," ujarnya.


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments