Minggu, 20 Juni 2021

Disembunyikan di Semak-semak, Lima Alat Berat Diduga untuk PETI Diamankan Polres Merangin

Senin, 15 Maret 2021 | 08:40:51 WIB


Salah satu alat berat yang diamankan Polres Merangin
Salah satu alat berat yang diamankan Polres Merangin / Metrojambi.com/Polres Merangin

 JAMBI - Lima unit alat berat jenis excavator yang diduga akan digunakan untuk penambangan emas ilegal atau yang biasa disebut PETI (penambangan emas tanpa izin) diamankan Polres Merangin.

Informasi yang diperoleh Metrojambi.com, dua unit alat berat ditemukan di sekitar Dusun Lubuk Resam, Desa Batang Kibul, sedangkan tiga unit lainnya ditemukan di sekitar lokasi Trans SP, Desa Batang Kibul, Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin.

"Kelima unit alat berat ini ditemukan dalam keadaan terpakir, isembunyikan dalam semak-semak di pinggir aliran Sungai Tabir. Pada saat ditemukan tidak ada pihak yang mengakui kepemilikan alat berat tersebut," kata Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan saat dikonfirmasi, Senin (15/3/2021).

Ditambahkan Irwan, pihaknya menduga kelima alat berat tersebut digunakan untuk kegiatan penambangan emas tanpa izin di sekitar wilayah Pelepat, Kabupaten Muara Bungo, dan disembunyikan ke wilayah Merangin saat dilaksanakan operasi gabungan penindakan PETI oleh Polres Bungo.

Irwan menyebutkan, lokasi ditemukannya alat berat tersebut sudah dipasangi garis polisi. Pihaknya, kata Irwan, juga telah mengamankan komputer alat berat tersebut agar tidak bisa dipindahkan.

"Untuk penanganan lebih lanjut kami berkoordinasi dengan Ditreskrimsus Polda Jambi dan Polres Bungo," ujar Irwan.

Lebih lanjut, Irwan meminta agar masyarakat tidak lagi melakukan aktivitas PETI. Selain membahayakan nyawa pelaku, aktivitas PETI juga merusak lingkungan.

"Polres Merangin berkomitmen memberantas PETI hingga ke akarnya," tegasnya.


Penulis: Novri/Andi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments