Minggu, 20 Juni 2021

Demokrat dan Gerindra Belum Nyatakan Dukung Haris-Sani atau CE-Ratu

Kamis, 25 Maret 2021 | 10:34:03 WIB


Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir
Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir / istimewa

JAMBI - Pernah meraup 4.054 suara pada 88 TPS target pemungutan suara ulang (PSU), pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jambi Fachrori Umar-Syafril Nursal bisa mempengaruhi hasil akhir Pilgub Jambi. Namun koalisi partai pendukung Fachrori-Syafril belum bersikap.

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi Burhanuddin Mahir mengatakan, sebagai salah partai pengusung pihaknya tidak melakukan persiapan khusus. “Tidak ada,” ujar Cik Bur, sapaan akrabnya, kepada Metro Jambi, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, kata ketua Koalisi Partai Pengusung Fachrori-Syafril ini, partainya juga belum menyatakan sikap politik menjelang PSU yang diperintahkan oleh Mahkamah Konstitusi.

PSU akan menjadi ajang perebutan kemenangan antara cagub nomor urut 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh dan nomor urut 03 Al Haris-Abdullah Sani.  Karena itu, pasangan nomor urut 02 Fachrori-Syafril tidak lagi mementingkan suara.

Tetapi, suara para pemilih pasangan petahana ini pada 88 TPS target PSU akan penting bagi CE-Ratu dan Haris-Sani.

Menurut Cik Bur, Demokrat kini hanya menunggu bila ada pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang datang mengharap bantuan massa atau kadernya. “Kita menunggu saja. Siapa yang datang minta tolong, kita tolong," sebut mantan bupati Muarojambi dua periode ini.

Katanya, pasangan cagub-cawagub usungan Demokrat sudah kalah dan hasil PSU tidak berpengaruh lagi bagi mereka. ”Jadi untuk apa lagi diperjuangkan. Apalagi yang mau dimenangkan. Kan sudah tahu kalah," tandasnya.

Terpisah, Direktur Media Center Fachrori-Syafril, Noviardi Ferzi, mengatakan bahwa PSU adalah pertarungan antara CE-Ratu dan Haris-Sani. Fachrori-Syafril sudah mengakui kekalahan. Karena itu, kata dia, tim Fachrori-Syafril tidak memiliki sikap politik.

Kalau pun ada, lanjut politisi Gerindra ini, sikap politik itu bukan dari tim, tapi pribadi. “Tidak ada upaya pengerahan untuk mendukung salah satu calon,” katanya.

Direktur Lembaga Riset Idea Institute Jafar Ahmad menilai suara Fachrori sangat penting bagi pasangan calon lain. Menurut doktor ilmu politik ini, kalau Fachrori bekerja maksimal membantu salah satu pasangan maka akan ada pengaruh penting terhadap hasil akhir Pilgub Jambi.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments