Sabtu, 12 Juni 2021

Mengenal Kia EV6, SUV Listrik Berkecepatan 260 Km/Jam

Selasa, 18 Mei 2021 | 11:08:58 WIB


Kia EV6, SUV Listrik
Kia EV6, SUV Listrik / istimewa/idmotor1com

JAKARTA - Kia telah memperkenalkan SUV crossover listrik teranyarnya, EV6, yang berdesain gaya modern, dengan pengisian daya baterai cepat serta mampu mencapai kecepatan maksimum (top speed) hingga 260 km per jam.

Dengan ketersediaan pilihan daya baterai 77,4 kWh, EV6 juga didedikasikan untuk perjalanan jarak jauh, dengan jangkauan 510 km untuk satu kali pengisian penuh daya baterai.

Dilengkapi kemampuan pengisian daya 800V, EV6 dapat mengisi daya baterai 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit, sedangkan versi GT dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik dengan kecepatan tertinggi 260 km/jam.

EV6 adalah BEV (Battery Electric Vehicle) khusus pertama yang diproduksi oleh Kia menggunakan Platform Modular Listrik Global (E-GMP) baru, dan merupakan bagian pertama dari transisi Kia ke era elektrifikasi baru di bawah slogan merek baru "Gerakan yang menginspirasi".

EV6 dirancang dengan filosofi desain baru 'Opposites United', yang mengambil inspirasi dari kontras yang ditemukan pada alam dan manusia. Di tengah filosofi desain adalah identitas visual baru yang membangkitkan kekuatan positif dan energi alam, dengan kombinasi kontras antara elemen gaya tajam dan bentuk pahatan.

Didesain untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda di kelas crossover, versi GT dari EV6 menawarkan eksterior yang berbeda dan berdampak dengan fitur-fitur berteknologi tinggi, serta tingkat kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya dari kendaraan listrik Kia.

Di bagian depan, 'wajah harimau' Kia telah ditafsirkan ulang untuk era digital. Sebagai bagian dari 'Wajah Harimau Digital' ini, lampu siang hari dibuat dengan penampilan modern yang ramping dan menyertakan pola lampu dinamis 'berurutan'.

Kemudian di bagian bawah depan, lubang asupan udara rendah secara visual memperlebar bagian depan mobil, menonjolkan citra berteknologi tinggi.

Profil sampingnya menampilkan siluet yang terinspirasi dari crossover, yang modern, ramping, dan aerodinamis. Garis karakter membentang di sepanjang bagian bawah pintu, melengkung ke atas menuju lengkungan roda belakang untuk memanjangkan profil mobil secara visual.

Didesain sebagian untuk mewujudkan performa aerodinamis terbaik, bagian belakang menampilkan pilar C miring dengan sisipan hitam glossy terintegrasi yang tampak memperpanjang kaca jendela.

Di atasnya terdapat spoiler atap tipe sayap yang menyalurkan udara ke bawah menuju spoiler bawah yang terangkat, yang berada di atas cluster lampu belakang mobil yang unik.

Interior

Pada bagian dalam, EV6 menghadirkan ruang yang lebih luas berkat desain baterai datar yang diletakkan di bawah lantai. Sebuah produk yang berbeda dari era EV, desain interior mendapat banyak manfaat dari penerapan platform E-GMP khusus Kia.

Terlepas dari dimensi eksterior EV6 yang kompak, jarak sumbu roda 2.900mm menghasilkan ruang kabin yang mirip dengan kebanyakan SUV ukuran sedang.

Salah satu elemen yang paling mencolok adalah layar infotainment lengkung berteknologi tinggi yang mulus. Bahasa bentuk sederhana dari layar lebar dan dasbor memberikan kesan terbuka pada interior.

Kursi relaksasi ramping, ringan, dan kontemporer, dan dibalut kain modern, menarik secara visual, dan kuat yang dibuat menggunakan plastik daur ulang--setara dengan 111 botol air plastik.

EV6 menawarkan kemasan interior yang cerdas dan fleksibel serta banyak area penyimpanan kabin, termasuk ruang bagasi 520 liter (VDA) dengan kursi baris kedua terpasang. Dengan kursi baris kedua terlipat, kapasitas penyimpanan meningkat menjadi sekitar 1.300 liter.

Mobil ini juga dilengkapi bagasi depan yang menyediakan ruang penyimpanan tambahan hingga 52 liter untuk model 2WD dan 20 liter untuk model AWD.

EV6 menawarkan kepada pembeli pilihan beberapa konfigurasi powertrain bertenaga listrik tanpa emisi, termasuk baterai tegangan tinggi jarak jauh (77,4 kWh) dan rentang standar (58,0 kWh).

EV6 varian GT-line tersedia dengan paket baterai jarak jauh dan jarak standar, sedangkan EV6 GT hanya dilengkapi dengan paket baterai jarak jauh. Ini adalah kendaraan listrik pertama Kia yang tersedia dengan opsi penggerak dua roda (2WD) atau semua roda (AWD).

EV6 dengan penggerak 2WD berbaterai 77,4 kWh dapat menempuh jarak lebih dari 510 kilometer (316 mil) dengan sekali pengisian daya pada siklus gabungan WLTP. Dengan torsi maksimum 605 Nm yang tersedia pada versi AWD, EV6 dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 5,2 detik.

Paket baterai 77,4 kWh dipasangkan dengan motor listrik 168 kW (229ps) yang menggerakkan roda belakang, dan untuk model AWD, motor listrik 239 kW (325 ps) menggerakkan roda depan dan belakang.

EV6 58,0 kWh dapat berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 6,2 detik, dengan torsi maksimum 605 Nm tersedia pada versi AWD. Paket baterai 58,0 kWh dipasangkan dengan motor listrik 125 kW yang menggerakkan roda belakang, dan untuk model AWD, motor listrik 173 kW menggerakkan roda depan dan belakang.

Dengan torsi maksimum 740Nm, versi AWD GT berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik yang menggiurkan dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam (target pengembangan awal).

Dengan tambahan perangkat lunak Diferensial Slip Terbatas elektronik ke versi EV6 GT saja, pengemudi akan menikmati kontrol yang percaya diri serta pengendaraan dan penanganan yang dinamis di semua kondisi.

EV6 menawarkan kemampuan pengisian daya 800V dan 400V, tanpa perlu komponen atau adaptor tambahan. Mobil ini mampu mengisi daya berkecepatan tinggi dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit pada semua variasi atau pengisian ulang 100 km jarak mengemudi dalam waktu kurang dari 4,5 menit saat memasangkan 2WD dengan baterai 77,4 kWh.

Sistem pengisian daya mobil lebih fleksibel daripada BEV generasi sebelumnya berkat Integrated Charging Control Unit (ICCU). ICCU memungkinkan fungsi kendaraan-untuk-memuat (V2L) baru, yang mampu melepaskan energi dari baterai kendaraan.

Fungsi V2L dapat menyuplai daya hingga 3,6kW, sebagai contoh, mengoperasikan televisi 55 inci dan AC secara bersamaan selama lebih dari 24 jam. Sistem ini juga dapat mengisi daya EV lain, jika diperlukan.

Dengan lebih dari 35 persen daya tersisa di baterai, EV6 dapat menarik barang dengan berat hingga 1.600 kg. Bersama dengan fungsi V2L, pemilik EV6 dapat membawa semua yang mereka butuhkan dalam petualangan luar ruangan bersama teman dan keluarga dan melakukan semuanya tanpa emisi.

Pengemudi dapat memilih dari enam tingkat pengereman regeneratif (NA, 1 hingga 3, 'i-PEDAL', atau mode otomatis), tergantung pada tingkat pemulihan energi yang diinginkan. Mode mengemudi 'i-PEDAL' juga memungkinkan mobil memanen jumlah energi maksimum dari remnya, dan memungkinkan pengemudi untuk menghentikan mobil secara perlahan tanpa perlu menginjak pedal rem.

Teknologi

EV6 memperkenalkan serangkaian teknologi yang meningkatkan keamanan, konektivitas, dan infotainment. Mereka dirancang untuk membuat perjalanan lebih aman, lebih mudah, dan mengurangi stres.

Sistem infotainment berteknologi tinggi mencakup layar ganda 12 inci. Layar melengkung yang diterapkan pada EV6 memiliki panel film tipis yang memanfaatkan struktur baru dan teknologi canggih untuk mengurangi dampak cahaya.

Sistem cluster dan infotainment yang terhubung seolah-olah melilit satu bodi dengan kaca yang diperkuat. Mulai dari setir hingga bagian tengah mobil, terdapat cluster digital di depan pengemudi, dan sistem infotainment di atas konsol tengah.

EV6 juga dilengkapi dengan sistem tampilan head-up augmented reality (AR), yang memproyeksikan informasi berkendara ke dasar kaca depan di garis pandang pengemudi. Sistem ini menampilkan peringatan dari Sistem Bantuan Pengemudi Canggih, detail kecepatan kendaraan, dan petunjuk navigasi belokan demi belokan.

Versi terbaru dari sistem mobil terhubung inovatif 'Kia Connect', yang sebelumnya bernama UVO, disertakan, menampilkan berbagai layanan Kia real-time dan pembaruan over-the-air (OTA). Dapat diakses melalui layar sentuh, Kia Connect memungkinkan pengguna untuk menemukan lokasi dan harga titik pengisian EV, melihat status pengisian kendaraan mereka, merencanakan jadwal pengisian yang cerdas dan memeriksa radius jangkauan berdasarkan sisa biaya.

Sistem audio surround Meridian® 14-speaker yang bertenaga juga tersedia, yang pertama untuk Kia BEV dan menghadirkan pengalaman suara yang benar-benar imersif. Sistem audio 14-speaker telah direkayasa oleh para ahli di Meridian dan menampilkan beberapa teknologi pemrosesan sinyal digital (DSP) milik perintis audio Inggris.

Filosofi suara inti Meridian telah diintegrasikan ke dalam EV6 yang memungkinkan pelanggan menikmati audio yang alami, seperti aslinya, dan autentik saat bepergian.

Sistem speaker juga menawarkan Active Sound Design (ASD), fitur yang baru dikembangkan oleh Kia yang memberi pengemudi umpan balik yang dapat didengar tentang kecepatan mobil melaju dan dikendalikan melalui antarmuka pengguna.

Fitur keamanan

EV6 menawarkan tingkat keselamatan dan kenyamanan terdepan di kelasnya berkat rangkaian sistem bantuan pengemudi (ADAS) yang ditingkatkan. Mereka membantu mengurangi banyak bahaya dan tekanan yang melekat saat mengemudi, melindungi penghuni dan pengguna jalan lainnya di setiap perjalanan.

Safe Exit Assist (SEA) membantu orang menghindari tabrakan dengan kendaraan sisi belakang saat keluar dari EV6. Saat penghuni membuka pintu untuk keluar dari kendaraan setelah berhenti, sistem memberikan peringatan jika terdeteksi kendaraan yang mendekat dari sisi belakang.

SEA juga membantu menutup pintu belakang melalui pengoperasian kunci elektronik.

Lane Following Assist (LFA) membantu memusatkan kendaraan di jalur. Saat mengemudi, LFA dapat dinyalakan dan dimatikan dengan menekan sebuah tombol.

Highway Driving Assist 2 (HDA 2) membantu menjaga jarak dan kecepatan yang ditetapkan dari kendaraan di depan saat berkendara di jalan raya dan juga membantu memusatkan kendaraan di jalur, bahkan melalui tikungan.

Dalam kasus kendaraan yang berdekatan mengemudi dalam jarak dekat, HDA 2 membantu menyesuaikan jalur EV6, untuk menghindari kemungkinan risiko tabrakan. Selain itu, dengan tangan pengemudi di roda kemudi dan di atas kecepatan tertentu, satu klik pada tangkai indikator akan memindahkan mobil ke jalur yang sesuai.

EV6 akan diproduksi di Korea Selatan. Ini akan mulai dijual di pasar global tertentu mulai dari paruh kedua 2021, dengan reservasi online mulai 30 Maret di beberapa pasar.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments