Rabu, 22 September 2021

Hindari Gugatan, KPU Ingatkan Petugas PSU Harus Tertib Administrasi

Kamis, 20 Mei 2021 | 11:37:16 WIB


Logistik surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jambi
Logistik surat suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jambi / istimewa

Sebelumnya, putusan MK memerintahkan agar PPK dan KPPS yang bertugas pada PSU merupakan orang-orang baru. Petugas PPK dan KPPS yang bertugas saat Pilgub 9 Desember 2020 tidak diperkenankan lagi menjadi anggota PPK dan KPPS pada PSU.

Selanjutnya, KPU akan menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) dengan mencermati beberapa hal. Di antaranya, pemilih yang masuk DPT pada coblosan sebelumnya, tetapi telah meninggal dunia.

Kemudian, KPU juga mencermati kemungkinan pemilih yang pada 9 Desember 2020 mencoblos di luar 88 TPS PSU kemudian masuk ke dalam DPT 88 TPS PSU. Selain itu, dicermati pula  warga yang melakukan rekam cetak KTP sebelum dan sesudah 9 Desember 2020.

Warga yang rekam cetak KTP sesudah 9 Desember 2020 tidak masuk dalam DPT PSU.  "Targetnya tanggal 20 Mei DPT PSU Pilgub Jambi telah dilakukan verifikasi dan validasi," kata Subhan.

Subhan juga memastikan bahwa logistik PSU telah didistribusikan ke daerah-daerah. Di antaranya, surat suara, kotak, tinta, paku dan formulir PSU. Logistik PSU tersebut dikirim secara serentak dari kantor KPU Provinsi Jambi pada Selasa (18/5) menggunakan layanan kantor Pos Jambi.

Di Batanghari,  KPU mulai menyortir dan melipat surat suara. "Kemarin kita mendapat distribusi logistik PSU Pilgub Jambi, hari ini Rabu (19/5) mulai kita lakukan proses sortir," kata Ketua KPU Batanghari A Kadir.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments