Senin, 27 September 2021

Formasi CPNS Bungo Didominasi Tenaga Medis

Kamis, 27 Mei 2021 | 07:11:20 WIB


Kepala BKPSDM Bungo Wahyu Sarjono
Kepala BKPSDM Bungo Wahyu Sarjono / Metrojambi.com/Khairul Fahmi

 MUARABUNGO – Pemerintah Kabupaten Bungo kembali mendapat kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebanyak 81 formasi dari KEMENPAN - RB untuk penerimaan CPNS tahun 2021.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bungo Wahyu Sarjono menyebutkan, penerimaan CPNS tahun ini memang lebih sedikit dibanding tahun lalu.

Dikatakan Wahyu, hal ini dikarenakan adanya penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga honor yang telah terdaftar di data dapodik.

Tahun ini, Wahyu menyebutkan, BKPSDMD hanya mengelola sebanyak 119 formasi. Dari jumlah tersebut, 75 persennya tenaga medis, seperti dokter, perawat, dan bidan, sementara yang lainnya merupakan tenaga teknis.

“119 itu termasuk PPPK. Rinciannya 81 CPNS dan 38 PPPK non guru,” ujar Wahyu, Kamis (27/5).

Secara keseluruhan, Kabupaten Bungo tidak hanya menerima 119 orang itu saja. Seperti Dinas Pendidikan yang menerima lebih dari 1.000 PPPK.

“Tahun ini kita tidak menerima CPNS untuk formasi guru. Guru ada PPPK, itu yang mengakomodirnya dinas pendidikan,” ungkapnya.

Wahyu menyebutkan, sebenarnya Kabupaten Bungo masih kekurangan banyak ASN, namun pemerintah pusat belum menyetujui penambahan sesuai kebutuhan.

Tahun ini, pihaknya mengusulkan lebih dari 200 formasi, namun yang disetujui hanya 81 orang itu saja.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments