Sabtu, 4 Februari 2023

1.015 Formasi PPPK untuk Honorer Guru di Bungo

Jumat, 28 Mei 2021 | 08:57:53 WIB


/ Metrojambi.com/Khairul Fahmi

 MUARABUNGO - Sebanyak 1.015 formasi dibuka untuk penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru di Kabupaten Bungo. Formasi tersebut diperuntukkan bagi setiap honorer guru tingkat SD dan SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo, Masril menyebutkan, bahwa pengusulan total jumlah formasi sebanyak 1.086, namun yang dikabulkan hanya 1.015 oleh kementrian.

"Jumlah yang diusulkan sesuai kebutuhan guru di Kabupaten Bungo. Namun yang diusulkan tidak terpenuhi semuanya," ujar Masril, Jumat (28/5).

Ia berharap jumlah formasi yang ada saat ini bisa dipenuhi semuanya, sehingga kekurangan guru di Bungo hanya 71 orang dan ditambah pegawai yang mengajukan pensiun.

"Yang diterimo cuma 1015, berarti masih ada kekurangan sebanyak 71 orang guru. Makanya kita berharap formasi yang ada bisa terpenuhi," tuturnya.

Masril menyebutkan, syarat bagi calon PPK yakni honorer yang sudah terdaftar di data dapodik dan orang yang memiliki sertifikat profesi keguruan.

Sementara itu, jumlah honorer di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo yang digaji menggunakan APBD saat ini mencapai 831 orang.

"Untuk honorer komite yang digaji dari dana BOS belum kita ketahui jumlahnya, yang pasti jumlahnya lebih banyak dari honor daerah," ungkapnya.

Sedangkan tahapan pelaksanaan belum bisa dipastikan. Menurut jadwal yang ada, pendaftaran akan dimulai pada tanggal 31 Mei 2021. "Untuk lebih lanjut kita menunggu juklak dan juknis dari kementerian," katanya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments