Sabtu, 31 Juli 2021

Tak Ada Penolakan Hasil PSU

Rekap Suara di Tingkat PPK Selesai

Senin, 31 Mei 2021 | 09:34:16 WIB


M Subhan
M Subhan /

JAMBI -  Rekapitulasi hasil pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Jambi di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di lima kabupaten telah selesai. Sejauh ini, tidak ada permasalahan prinsip yang mengemuka.

Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan mengatakan, rekapitulasi di tingkat PPK di seluruh kabupaten yang menggelar PSU selesai pada Minggu (30/5). Selama proses rekapitulasi, katanya, tidak ada permasalahan.

“Tidak ada masalah, semuanya sudah selesai,” tegasnya.

Selanjutnya,  rekapiluasi suara akan dilanjutkan ke KPU kabupaten dan kota yang akan dilakukan pada 1-2 Juni. “Mungkin tanggal 1 Juni semuanya sudah selesai,” tukas Subhan.

PSU Pilgub Jambi digelar pada 27 Mei 2021 lalu. Hasilnya, pasangan calon Al Haris-Abdullah Sani kembali memenangkan Pemilihan Gubernur Jambi periode 2021-2024.

Sebelumnya, lewat coblosan pada 9 Desember 2020, Haris-Sani menang, tetapi digugat oleh rivalnya, Cek Endra-Ratu Munawaroh ke Mahkamah Konstitusi.

MK kemudian memerintahkan PSU di 88 TPS dalam lima kabupaten.

Badan Pengawas Pemilu Provinsi Jambi juga terus mengawasi proses rekapitulasi hasil PSU. “Sejauh ini belum ada laporan yang prinsip, seperti penolakan. Kita terus melakukan pengawasan secara langsung,” kata pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi Fahrul Rozi kepada Metro Jambi.

Bawaslu menilai ada titik rawan yang memungkinkan perubahan suara, seperti pernah terjadi pada Pilgub Jambi 9 Desember lalu.  “Makanya kita ingatkan kepada Panwascam, agar sesuai dengan penghitungan di TPS. Ada dokumen yang harus disesuaikan,” katanya

Jika ada perbedaan data di tingkat PPK, lanjutnya, Panwascam harus mengkonfirmasi.  “Kita berharap kasus-kasus yang terjadi dulu menjadi pelajaran supaya jangan terulang lagi pada saat PSU ini. Sampai saat ini proses rekapnya aman-aman saja,”  pungkasnya.

Secara terpisah, Ketua KPU Muarojambi Elvi Prasetia juga menyatakan rekapitulasi suara hasil PSU berjalan aman, tidak ada masalah maupun laporan. Katanya, kotak suara sudah berada di kantor KPU Muarojambi karena rekapitulasi di PPK sudah kelar.

“Tanggal 1 Juni nanti kita akan melakukan rekapilasi di tingkat kabupaten," terangnya. Katanya, kotak suara juga dikawal ketat oleh kepolisian.

Ketua Bawaslu Muarojambi Yusuf mengatakan bahwa pelaksanaan PSU di Muarojambi lancar sesuai harapan. Dia mengapresiasi aparat TNI dan Polri yang bekerja keras dalam pengamanan PSU di Bumi Sailun Salimbai tersebut.

Menurutnya, PSU secara umum telah dilaksakan sesuai amar putusan MK. Karena itu, Bawaslu juga mengucapkan termasi kasih kepada jajaran penyelenggara PSU.


Penulis: ria/sdp
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments