Sabtu, 12 Juni 2021

KPU Tunggu Surat Tertulis dari MK

Senin, 07 Juni 2021 | 09:19:08 WIB


Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan
Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan / dokumentasi - Metrojambi.com

 JAMBI – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Al Haris-Abdullah Sani (Haris-Sani) segera akan ditetapkan sebagai pasangan terpilih di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi.

Namun sebelum itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terlebih dahulu menunggu surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait tidak adanya gugatan dalam pelaksanaan PSU Pilgub Jambi 27 Mei lalu, yang juga dimenangkan Haris-Sani.

"Kita menunggu surat dari MK, melalui KPU RI. Jika sudah ada surat tersebut rencananya Kamis nanti kita menggelar pleno penetapan calon terpilih," kata Ketua KPU Provinsi Jambi, M Subhan, Senin (7/6).

Dikatakan Subhan, meski pasangan Cek Endra-Ratu Munawaroh (CE-Ratu) sudah menerima hasil dan menyatakan tidak menggugat, tetap saja KPU harus menunggu surat tertulis dari MK sebelum pleno.

Setelah menggelar pleno penepatan calon terpilih, pihaknya akan menyurati DPRD Provinsi Jambi untuk selanjutnya diparipurnakan. "Kalau soal pelantikan bukan lagi ranahnya KPU," pungkasnya.

Untuk diketahui, hasil pleno perolehan suara secara keseluruhan pasangan calon gubernur Jambi Al Haris-Sani unggul dengan perolehan 600.733 suara. Sementara perolehan suara pasangan nomor urut dua Fachrori-Syafril memperoleh 381634 suara.

Sementara pasangan calon nomor urut 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh yakni 587.918 suara. Berdasarkan hasil tersebut, selisih suara atau keunggulan Haris-Sani dari pasangan CE-Ratu yakni 12.815 suara.

Sedangkan, untuk suara sah sendiri sebesar 1.570.285 suara dengan suara yang tidak sah 88.240 suara. Sementara itu, jika dipersentase CE-Ratu meraih 37,44 persen, Fachrori-Syafril 24,3 persen dan Al Haris-Sani 38,26 persen.

Dengan hasil ini, artinya pasangan Haris-Sani segera ditetapkan sebagai Paslon terpilih dalam jangka waktu tiga hari setelah pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat provinsi digelar.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments