Senin, 27 September 2021

Mahasiswa KKN Kampus Mengajar UAD Laksanakan Bimbingan Belajar di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 09 Juni 2021 | 13:16:44 WIB


Kegiatan bimbingan belajar yang dilaksanakan mahasiswa KKN Kampus Mengajar angkatan 1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Kegiatan bimbingan belajar yang dilaksanakan mahasiswa KKN Kampus Mengajar angkatan 1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta /

 Oleh : Prisilni Misti Utami *)

KULIAH Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya oleh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Hanya saja di tahun ini, semua kegiatan perkuliahan termasuk KKN terhambat karena adanya pandemi Covid-19.

Menyikapi hal ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Mendikbudristek) menghadirkan Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudrisetk) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, tujuan diadakannya Kampus Mengajar yaitu untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, serta membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T. Sehingga, mahasiswa dapat menjadi partner guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran.

Salah satu program kerja KKN Kampus Mengajar angkatan 1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang dilakukan oleh Prisilni Misti Utami dari program studi Pendidikan Biologi yaitu bimbingan belajar dari rumah dengan harapan dapat membantu masyarakat sekitar terkait kebijakan belajar dari rumah semenjak adanya pandemi Covid-19.

Program bimbingan belajar dari rumah diharapkan menjadi jawaban atas kesulitan yang dihadapi orangtua dalam mendampingi anak-anak belajar dari rumah. Peran ganda orangtua di masa pandemi yaitu membimbing anak belajar dari rumah dan bekerja mencari uang agar perekonomian keluarga tetap berjalan.

Selain itu, mayoritas orangtua di Desa Teluk Nilau, Kabupaten Tanjungjabung Barat berprofesi sebagai petani atau buruh tani, maka sulit untuk bisa mendampingi anak belajar dari rumah.

Beberapa kesulitan yang dihadapi orangtua adalah membagi waktu antara bekerja dan mendampingi belajar anak, dan kurang menguasai cara mengajar seperti guru di sekolah. Selain itu, beberapa kesulitan yang dihadapi anak yaitu anak kurang semangat jika belajar sendiri di rumah, bingung jika harus mencari materi sendiri dan tidak bisa mencerna materi sendiri tanpa pendampingan guru.

Oleh karena itu, berdasarkan kesulitan yang dialami oleh orang tua dan anak maka munculah ide untuk membuat bimbingan belajar dari rumah yang dilaksanakan mahasiswa KKN Kampus Mengajar UAD.

Pendampingan belajar dari rumah dilaksanakan setiap Hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at (rentang tanggal 7 - 25 Juni 2021) pada pukul 15.30-17.00 WIB, dengan sasaran anak usia sekolah dasar di lingkungan Desa Teluk Nilau, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Metode pembelajaran disesuaikan dengan tingkatan kelas dengan menggunakan buku tema kelas 1 sampai dengan kelas 6. Selain itu pendampingan belajar pada hari Jumat dikhususkan untuk bimbingan belajar ngaji iqro' dan Alquran dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kegiatan ini dilakukan secara gratis bagi siapa saja yang ingin mengikutinya.

Respon peserta dalam kegiatan bimbingan belajar sangat antusias karena mereka senang dapat belajar bersama dengan teman sebaya terlebih lagi dengan suasana hijau atau luar ruangan, selain itu juga diselingi permainan sehingga membentuk suasana belajar yang menyenangkan seperti di sekolah sebelum waktu pandemi.

Hasil pencapaian anak juga bisa dibilang meningkatkan dibuktikan dari nilai tugas yang telah dikerjakan. Dengan adanya kegiatan ini anak-anak dapat terbantu saat belajar dirumah dan bagi mahasiswa kegiatan ini sangat berguna untuk melatih kemampuan mengajar dan mengembangkan metode belajar.


*) Mahasiswa KKN Kampus Mengajar angkatan 1 Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta


Penulis: Prisilni Misti Utami
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments