Jumat, 23 Juli 2021

Pemkot Jambi Sediakan 1.000 Paket Sembako untuk Keluarga Terpapar Covid

Rabu, 09 Juni 2021 | 14:18:48 WIB


Kepala Dinas Sosial Kota Jambi Noviarman
Kepala Dinas Sosial Kota Jambi Noviarman / istimewa

JAMBI - Pemerintah Kota Jambi menyediakan 1.000 paket sembako untuk keluarga miskin yang terpapar Covid-19 dan harus menjalani isolasi.

"Hingga saat ini baru terealisasi 130 paket sembako yang diberikan kepada KK (Kepala Keluarga) yang terpapar Covid-19," kata Kepala Dinas Sosial Kota Jambi Noviarman Rabu (9/6).

Dia menjelaskan paket sembako tersebut khusus diberikan kepada keluarga yang terpapar Covid-19. Jika bukan keluarga maka tidak diberikan bantuan paket sembako tersebut.

Ia menjelaskan tujuan pemberian paket sembako tersebut untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama mereka menjalani isolasi.

Ada lima kriteria masyarakat di daerah itu yang berhak mendapatkan bantuan paket sembako tersebut, yakni yang terpapar Covid-19 merupakan keluarga, masuk kategori miskin, seperti tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap, janda yang merupakan kepala keluarga, warga Kota Jambi, dan terdata dalam aplikasi yang dibuat Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Jambi.

"Lurah dan camat dapat menyerahkan data keluarga tidak mampu yang terpapar Covid-19 kepada Dinas Kominfo jika belum terdata," kata Noviarman.

Satu paket sembako tersebut setara dengan uang senilai Rp 500 ribu.  Paket sembako berisi beras 20 kilogram, minyak goreng, gula, kopi, teh, dan bahan-bahan pokok lainnya. Setiap keluarga mendapat satu paket sembako.

Bantuan sosial lainnya saat ini sudah dalam proses pendistribusian, seperti bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Namun dalam proses pendistribusian masih terdapat KPM PKH yang mendapati saldo bantuan PKH-nya nol atau tidak terisi.

Dia menjelaskan masih kosong saldo KPM PKH tersebut sebagian besar karena nomor induk kependudukan (NIK) KPM tersebut tidak terkoneksi dengan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri sehingga NIK KPM tersebut harus divalidasi ulang.

"KPM PKH di Kota Jambi ada 14 ribu, dari jumlah tersebut baru sekitar 60 persen yang bantuannya sudah diterima oleh KPM PKH," kata Noviarman.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments