Sabtu, 12 Juni 2021

Sarbaini: Penetapan Haris-Sani Tidak Harus Menunggu Surat dari MK

Kamis, 10 Juni 2021 | 16:25:00 WIB


Al HAris dan Abdullah Sani
Al HAris dan Abdullah Sani / dokumentasi - Metrojambi.com

JAMBI - Pasangan calon gubernur dan wakil Jambi, Al Haris-Abdullah Sani (Haris-Sani) belum juga ditetapkan sebagai pasangan terpilih di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2021 meski memperoleh suara terbanyak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi sebagai penyelenggara masih menunggu surat tertulis dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait ada atau tidaknya gugatan hasil PSU yang digelar pada 27 Mei 2021 lalu.

Menurut tim advokasi Haris-Sani, Sarbaini, semestinya KPU tidak harus menunggu surat dari MK. Dikatakan Sarbaini, jika dalam waktu tiga hari tidak ada gugatan, secara otomatis KPU dapat menetapkan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih.

“Tidak ada kewenangan MK seperti yang diminta oleh KPU itu. Karena apa, dengan tidak adanya pendaftaran gugatan pasca tiga hari penghitungan suara PSU, itu yang disebutkan dalam undang-undang. Maka KPU dapat menetapkan gubernur terpilih,” kata Sarbaini, Kamis (10/6).

Dikatakannya lagi, KPU tidak harus menanyakan kepada MK. “Kalau ada pendaftaran gugatan maka secepat mungkin bahkan hari itu juga MK akan memberitahukan KPU selaku pihak termohon,” ujar Sarbaini.

Dengan tidak adanya pendaftaran gugatan dalam 3 hari itu, seharus KPU sudah menetapkan pasangan terpilih. “Tidak harus menunggu surat tertulis dari MK, dan itu tidak ada kewenangan MK untuk mengeluarkan itu,” pungkasnya.


Penulis: Sahrial
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments