Selasa, 19 Oktober 2021

Pengunjung Rutan Sungaipenuh Dilarang Kontak Fisik dengan Warga Binaan

Senin, 14 Juni 2021 | 10:11:28 WIB


Rutan (Rumah Tahanan) Klas IIB Kota Sungaipenuh
Rutan (Rumah Tahanan) Klas IIB Kota Sungaipenuh / dok/metrojambi.com

SUNGAIPENUH – Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, pihak Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Kota Sungaipenuh, membuat aturan bagi pengunjung atau keluarga narapidana yang ingin berkunjung.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Rutan Klas IIB Sungaipenuh Eli Sutanto mengatakan, selama pandemi Covid-19 tidak dibenarkan adanya kontak fisik antara keluarga yang berkunjung dengan warga binaan di Rutan.

Sebagai gantinya, dialihkan menjadi kunjungan virtual. ‘’Untuk itu, kita sudah menyediakan sarana dan prasarananya,’’ ungkap Eli, Minggu (13/6).

“Kita tidak ingin kasus Covid-19 terjadi lagi di Lapas, makanya sekarang kita harus disiplin, yang ingin berkunjung ke Rutan kita sediakan sarana dan prasarana,“ jelasnya.

Rutan juga menyediakan Pelayanan penitipan barang. Untuk jadwal kunjungan ada 2 kali dalam seminggu, yaitu hari Selasa boleh menerima kunjungan narapidana khusus. Sementara hari Kamis untuk narapidana dan tahanan tindak pidana umum.

‘’Ketentuan ini dibuat melalui pertimbangan keamanan pada masa pandemi Covid-19. Hal ini sudah disosialisasikan baik kepada warga binaan maupun keluarganya,” katanya.

Eli Sutanto menyebutkan tidak benar bahwa ada unsur kesewenang-wenangan atas kebijakan tersebut. Sebab semua sudah disosialisasikan.

“Kalo ada yang mengatakan aturan ini menyebabkan warga binaan depresi, tertekan, itu tidak benar. Di Rutan ini semua fasilitas kita penuhi, bahkan untuk makanan warga binaan juga kita perhatikan,” katanya lagi.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments