Rabu, 4 Agustus 2021

Cegah Karhutla, Tim Gabungan TNI, Polri dan BPBD Gelar Patroli Serta Cek Sekat Kanal

Selasa, 23 Februari 2021 | 23:09:10 WIB


Tim gabungan dari TNI, Polri, serta BPBD saat melakukan patroli dan pengecekan sekat kanal di wilayah Muaro Jambi guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Selasa (23/2/2021)
Tim gabungan dari TNI, Polri, serta BPBD saat melakukan patroli dan pengecekan sekat kanal di wilayah Muaro Jambi guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Selasa (23/2/2021) / Metrojambi.com/Polda Jambi

 JAMBI - Kepolisian Daerah Jambi beserta jajaran bergerak cepat dalam menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo serta Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, terkait antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tahun 2021 ini.

Hari ini, Selasa (23/2/2021), tim gabungan TNI, Polri, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan patroli kanal sekaligus meninjau lokasi sekat kanal yang akan direvitalisasi. Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardiyanto.

Kapolda Jambi Irjen Pol. A Rachmad Wibowo mengatakan, lahan gambut cukup berat untuk dicapai. Hal ini karenakan di kanal banyak terdapat potongan-potongan kayu, dan kaki akan terbenam bila menginjak lahan gambut.

"Kanal di lahan gambut menuju ke hulu memiliki elevasi tanah yang berbeda, sehingga untuk mencapai hulu petugas mesti mengangkat kapal ke kanal yang lebih tinggi. Demikian pula sebaliknya, saat akan kembali ke hilir," ujar Rachmad kepada Metrojambi.com.

Rachmad menyebutkan, lahan gambut bilamana terbakar akan sulit dipadamkan. Maka dari itu, pencegahan lebih awal dengan merevitalisasi sekat kanal diharapkan akan membasahi lahan gambut dan menjaga tinggi muka air sehingga selalu basah.

"Penyebab kebakaran terbesar adalah ulah manusia yang sengaja membakar untuk membuka lahan atau lalai karena memasak saat memancing, mencari madu hutan, atau bahkan okeh pembalak kayu," sebut Rachmad.

Lebih lanjut, mantan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri itu mengatakan, saat patroli tim gabungan menemukan gubuk yang diduga digunakan pelaku pembalakan hutan. "Namun pelaku sudah lebih dulu kabur saat melihat kedatangan tim gabungan," tandasnya.

Informasi yang diperoleh Metrojambi.com, kegiatan berlangsung hingga sore hari. Tim gabungan bahkan melaksanakan Shalat Magrib di lokasi patroli.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia Prianto mengatakan, peninjauan lokasi perbaikan kanal dan patroli skala besar dilakukan di kawasan hutan produksi terbatas yang masuk dalam konsesi PT. Pesona dan PT. PDIW, Kabupaten Muaro Jambi.

Dari pihak kepolisian, patroli melibatkan personel dari Satuan Brimob, Diraktorat Samapta, dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus, serta Polres Muaro Jambi.

"Selain melakukan peninjauan lokasi dan perbaikan kanal, dilakukan juga pemasangan imbauan pencegahan Karhutla,” kata Mulia.

Ditambahkan Mulia, untuk sekat kanal ada lima yang akan diperbaiki. "Berada di area PT. Pesona dan PT. PDIW," pungkasnya.


Penulis: Novri/Ikbal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments