Senin, 2 Agustus 2021

Pj Gubernur Ingatkan Pemkab Sarolangun Soal Mitigasi Bencana

Sabtu, 06 Maret 2021 | 14:42:27 WIB


/ istimewa

JAMBI –  Pj Gubernur Jambi Dr Hari Nur Cahya Murni, kepada pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk melakukan pencegahan dan mitigasi bencana.

Menurut Pj Gubernur, Mitigasi bencana ini penting, sebab Sarolangun merupakan salah satu kawasan rawan tanah longsor.

Hal ini di sampaikannya di rumah dinas Bupati Sarolangun dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Sarolangun, Sabtu (6/3).

Hadir di kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sarolangun  H. Hillalatil Badri, Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Ir Endang Abdul Naser. Selain itu, unsur Forkompinda Kabupaten Sarolangun, Para pengurus PKK Kabupaten Sarolangun, dan pejabat terkait lainnya.

Pada kesempatan tersebut Pj Gubernur menyalurkan bantuan dari Ketua Umum TP-PKK, berupa peralatan makan bagi anak-anak. Kemudian, penyerahan secara simbolis bantuan kepada korban banjir bencana banjir di Kabupaten Sarolangun.

Selanjutnya, meluapnya Sungai Singkarang, Sungai Batang Barangan, dan Sungai Telentam dan anak Sungai lainnya. Apalagi, yang berada di Kecamatan Air Hitam sehingga 3 desa. Seperti,  yang berada di sekitar sungai.

Mereka mengalami kebanjiran (di Desa Semurung 81 KK/285 jiwa terdampak banjir, di Desa Lubuk Jering 219 KK/712 jiwa, dan di Desa Bukit Suban 233 KK/852 jiwa. Total 533 KK/1.849 jiwa).

Sementara itu,  Banjir terjadi pada tanggal 10 Januari dan 11 Februari 2021.

Untuk korban pasca bencana banjir di Kabupaten Sarolangun, yang mendapatkan bantuan sebanyak 1.849 jiwa. Sehingga kebutuhan penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD), di wilayah bencana sebesar 5.547 Kg. Hal ini sesuai permintaan/permohonan dari Bupati Sarolangun

“Menindaklanjuti rapat koordinasi penanggulangan bencana presiden, telah menekankan upaya pencegahan dan mitigasi bencana. Mengingat Sarolangun merupakan kawasan rawan tanah longsor, maka perlu di implementasikan empat hal pokok. Di antaranya yaitu pencegahan, penanggulangan, penanganan pasca bencana dan mengefektifkan law inforcement, ” jelasnya.


Penulis: Rina
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments