Rabu, 4 Agustus 2021

Penyelundupan Benih Lobster Senilai Rp 25 Miliar dari Sumsel dan Lampung Digagalkan

Rabu, 14 April 2021 | 13:33:55 WIB


/ Metrojambi.com

 JAMBI - Kepolisian Daerah Jambi beserta jajaran kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster. Sebenyak 243.816 benih lobster senilai lebih kurang Rp 25 miliar diamankan pihak kepolisian.


Jambi - Polda Jambi berhasil mengungkap kasus penyelundupan kasus Benih Lobster, kali ini Polda Jambi berhasil mengagalkan ratusan ribu benih Lobster.

"Penangkapan dilakikan di dua lokasi berbeda Selasa (13/4) kemarin," ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono, Rabu (14/4).

Penangkapan pertama dilakukan sekira pukul 23.00 WIB oleh anggota Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Jambi, di seputaran traffick light Paal 10, Kecamatan Korabaru, Kota Jambi.

Dari penangkapan tersebut, Sigit mengatakan berhasil diamankan barang bukti 135.000 ekor benih lobster dan 5 orang pelaku. Selain itu juga diamankan satu unit minibus dan satu unit pick up yang digunakan untuk mengangkut benih lobster tersebut.

"Hasil pengembangan kita, ini merupakan jaringan yang berasal dari Sumatera Selatan," kata Sigit.

Lebih lanjut Sigit mengatakan, penangkapan juga dilakukan oleh anggota intel Satbrimob Polda Jambi di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Talang Bakung, Kecamatan Paal Merah, Kota Jambi.

Sigit menyebutkan, di lokasi penangkapan kedua diamankan barang bukti 108.000 ekor benih lobster beserta empat pelaku. Juga diamankan satu unit mobil pick up dan satu unit minibus yang digunakan untuk mengangkut benih lobster tersebut.

"Untuk penangkapan di lokasi kedua ini jaringannya berasal dari Lampung, dan sudah beberapa kali melakukan aktivitas illegal fishing," beber Sigit.

Dikatakannya lagi, total barang bukti benih lobster yang diamankan lebih kurang 243.816 ekor. "Nilainya sekitar 25 miliar," sebut Sigit.

Ditambahkan Sigit, saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap para pelaku. "Untuk pelaku memiliki peran berbeda. Ada yang bertugas mengangkut, ada pula yang menjual," tandasnya.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments