Minggu, 25 Juli 2021

Polres Muarojambi Siapkan Kampung Tangguh untuk Cegah Covid-19

Jumat, 18 Juni 2021 | 14:21:27 WIB


/ istimewa

JAMBI - Kepolisian Resor Muarojambi, Jambi, mempersiapkan kampung tangguh dengan pola pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Desa Pematang Jering, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi, untuk mencegah penyebaran Covid-19 di daerah itu.

"Hari ini (18/6) saya meninjau langsung 'kampung tangguh' di Desa Pematang Jering, Jaluko, karena daerah ini berbatasan dengan Kota Jambi yang termasuk zona merah. Untuk itu dengan kesadaran tinggi masyarakat mempersiapkan kampung tangguh untuk mencegah penularan COVID-19 di daerah mereka," kata Kapolres Muarojambi, AKBP Yuyan Priatmaja, Jumat (18/6).

Secara nasional Kabupaten Muarojambi termasuk dalam zona merah Covid-19. Untuk itu, Yuyan mengatakan pihaknya mengecek langsung fasilitas kampung tangguh di Desa Pematang Jering, apakah sudah sesuai dengan instruksi Mendagri tentang PPKM mikro.

"Saya ke sini untuk mengecek dan mengupayakan fasilitas apakah sudah sesuai instruksi (Mendagri) apa belum," kata Yuyan.

Ia mengatakan PPKM mikro di Desa Pematang Jering telah berjalan baik, karena di pintu masuk desa terdapat penjaga yang menanyakan tujuan orang dari luar yang akan  masuk desa itu. Dengan pola PPKM mikro setiap orang masuk ke daerahnya harus dicek suhu badan dan apabila tidak terdapat indikasi terjangkit Covid-19 dipersilakan masuk namun sebaliknya jika dicurigai dipersilakan kembali.

Selain itu, di desa ini ada ketahanan pangan yang sudah berjalan cukup baik. Setiap masyarakat berkebun menanam sayur mayur dan berternak ikan untuk membantu perkembangan ekonomi dan kelangsungan hidup warga setempat. Namun, kendalanya masih kekurangan tenaga kesehatan (nakes) yang bisa mengambil sampel untuk rapid test antigen.

"Mungkin nanti saya akan usulkan pada rapat dengan pemerintah kabupaten agar di setiap desa ada pelatihan untuk nakes agar bisa mengambil sampel rapid test antigen," katanya.

Kemudian di Desa ini terdapat ruang isolasi mandiri yang disiapkan masyarakat untuk antisipasi apabila ada warga yang terjangkit Covid-19, namun di Desa Pematang Jering ini tidak ada warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 berkat program Kampung Tangguh PPKM Mikro.
Kabupaten Muarojambi menerapkan Kampung Tangguh PPKM mikro baru di dua kecamatan, yakni Kecamatan Jaluko dan Kumpeh Ulu. Sesuai dengan arahan Kapolri dan Kapolda Jambi nanti setiap PPKM mikro akan dicek kesiapannya.

Yuyan berharap penerapan Kampung Tangguh PPKM Mikro dapat berjalan baik di setiap desa khususnya di Kabupaten Muarojambi. Apabila ada kekurangan fasilitas agar segera melengkapi agar dapat menekan angka penyebaran Covid-19.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments