Minggu, 26 September 2021

Amanah Konstitusi Indonesia: Penjajahan di Atas Dunia Harus Dihapuskan!

Senin, 24 Mei 2021 | 08:51:03 WIB


/

 Oleh: Halim Adrian Putra *)

KONFLIK antara pejuang Palestina dengan Israel semakin hari semakin memanas saja. Seruan gencatan senjata yang disampaikan berbagai pihak internasional memang sempat dilakukan, namun berdasarkan laporan, aparat Israel kembali mengusik warga muslim Palestina yang tengah beribadah di Al-Aqsa.

Sontak perayaan gencatan senjata warga Palestina kembali menjelma menjadi kemarahan. Sebagai manusia, kita sangat prihatin melihat aksi bombardir yang dilakukan Israel menyasar warga sipil.

Menurut laporan, ratusan anak-anak dan perempuan meninggal dunia. Bahkan Israel menghancurkan gedung media yang pada dasarnya media tidak boleh di intimidasi.

Hal ini bisa diartikan pelanggaran kemanusiaan. Berbagai pihak di dunia harus segera membuat sikap jelas agar serangan Israel kepada warga sipil Palestina bisa segera di hentikan dan Israel harus bertanggung jawab atas pelanggaran yang telah dilakukannya.

Sikap yang penulis maksud adalah upaya kita semua untuk membantu Palestina sesuai kadar kemampuan serta keilmuan yang kita miliki. Bisa saja berupa memboikot produk-produk yang berafiliasi dengan Zionis Israel, aksi seruan melalui media, bantuan donasi kemanusiaan, dan lain sebagainya.

Dalam hal solidaritas kemanusiaan, tidak ada alasan bagi kita untuk berdiam diri menyaksikan pelanggaran kemanusiaan yang terus dilakukan oleh Zionis Israel. Setiap detik kita berdiam diri, setiap detik itu pula nyawa saudara-saudari kemanusiaan kita di Palestina terancam.

Semoga kita mampu belajar dari kisah semut yang berupaya memadamkan api yang melilit Nabi Ibrahim Alaihissalam saat Raja Namruj berupaya membakar beliau.

Dikisahkan saat itu, sekelompok semut dengan upayanya memadamkan kobaran api tersebut meskipun secara nalar kita tidak akan mungkin semut mampu memadamkannya. Namun, terjadi mu’jizat yang tak terduga dari Allah Swt yaitu Nabi Ibrahim tidak mempan di bakar oleh api. Kemudian Allah mencatat upaya semut dan keberpihakannya kepada kebenaran.

Begitupun selayaknya kita sebagai manusia. Meskipun sadar diri kita tidak memiliki kekuatan untuk memberikan dampak besar bagi Palestina, tapi melalui upaya yang dilakukan, bukan tidak mungkin akan meringankan beban saudara-saudari Palestina kita.

Penulis sangat mengapresiasi setinggi-tingginya kepada berbagai komunitas dan lembaga yang secara insiatif telah melakukan upaya kemanusiaan dengan cepat.

Melalui tulisan ini juga, kritikan penulis sampaikan kepada sekelompok kecil masyarakat yang mendukung sikap Zionis Israel dengan berbagai dalih alasan yang sangat tidak bisa diterima. Karena sebagai warganegara Indonesia yang baik, kita semestinya mengikuti amanah konstitusi yakni UUD 1945 yang sangat jelas mengatakan; “Kemerdekaan ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.”     

Dalam hal ini, sikap pemerintah kita sudah jelas menentang tindakan Israel yang secara nyata melakukan penjajahan kepada Palestina. Apakah kita sebagai masyarakat yang pernah di jajah mendukung penjajahan?

 
*) Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam


Penulis: Halim Adrian Putra
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments