Senin, 27 September 2021

6.827 Calon Mahasiswa Mendaftar di Unja Melalui Jalur Mandiri

Kamis, 24 Juni 2021 | 08:53:19 WIB


Universitas Jambi
Universitas Jambi /

 JAMBI - Sebanyak 6.827 calon mahasiswa mendaftar di Universitas Jambi (Unja) melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang dilaksanakan secara bersamaan dengan 17 perguruan tinggi negeri di wilayah barat.

"Calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SMMPTN terdata sebanyak 6.827 orang," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jambi Dr. Kamid, Kamis (24/6).

Pada jalur SMMPTN tersebut calon mahasiswa yang mendaftar masuk perguruan tinggi diberikan dua pilihan perguruan tinggi. Sehingga satu orang calon mahasiswa dapat memilih dua perguruan tinggi melalui jalur tersebut. Misalnya pada pilihan pertama calon mahasiswa memilih Unja dan pilihan kedua memilih Universitas Sriwijaya.

Dengan demikian diharapkan calon mahasiswa yang tidak lulus di pilihan pertama dapat lulus di pilihan kedua.

Dijelaskan Kamid, dari 6.827 calon mahasiswa yang mendaftar masuk perguruan tinggi melalui jalur SMMPTN tersebut, 3.460 orang calon mahasiswa menjatuhkan pilihan pertamanya di Unja. Sedangkan 3.367 orang calon mahasiswa lainnya memilih Unja pada pilihan kedua.

Selain itu calon mahasiswa juga tidak mesti melaksanakan tes di lokasi perguruan tinggi yang dipilih. Dimana calon mahasiswa dapat melaksanakan tes di 17 perguruan tinggi yang tergabung dalam PTN wilayah barat.

"Dari jumlah mahasiswa yang mendaftar di Unja yang akan melaksanakan tes di Unja sebanyak 3.264 orang calon mahasiswa," kata Kamid.

Tes SMMPTN tersebut akan dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 28 Juni 2021 sampai 2 Juli 2021. Tes tersebut akan dilaksanakan di Kampus Mendalo Unja.

Dari target penerimaan mahasiswa baru tahun 2021 Unja sebanyak 8.000 mahasiswa, Unja menargetkan 30 persen dari kuota tersebut di terima melalui jalur mandiri, yakni sebanyak 2.263 orang calon mahasiswa.

Hingga saat ini Universitas Jambi telah menerima siswa baru sebanyak 5.389 melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Pada jalur SNMPTN Unja menerima 1.892 mahasiswa baru dan melalui jalur SBMPTN Unja menerima 3.497 mahasiswa baru.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments