Rabu, 4 Agustus 2021

Festival Candi Muarojambi Didorong Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Jumat, 25 Juni 2021 | 08:29:08 WIB


Wisatawan lokal di Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendongkrak gairah pelaku usaha di sektor wisata
Wisatawan lokal di Candi Muaro Jambi. Festival Candi Muaro Jambi diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan mendongkrak gairah pelaku usaha di sektor wisata / Antara/Muhamad Hanapi

JAMBI - Festival Candi Muarojambi yang merupakan agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) di Provinsi Jambi yang akan dilaksanakan pada Juli 2021 diharapkan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

"Tujuan dari pada even ini selain meningkatkan wisatawan juga berharap dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat mengingat perekonomian masyarakat masih terdampak oleh pandemi Covid-19," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi Erwin Ependi, Jumat (25/6).

Festival Candi Muarojambi akan dilaksanakan pada tanggal 29-31 Juli 2021, yang di selenggarakan secara hibrid, yakni secara langsung dan virtual karena dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Festival Batanghari dan Festival Candi Muarojambi Masuk Agenda KEN Tahun 2021

Dijelaskan Erwin, Festival Candi Muarojambi tersebut melibatkan warga desa setempat secara langsung, dengan harapan akan berdampak dalam peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan Candi Muarojambi. Mengingat saat ini perekonomian masyarakat masih terdampak pandemi Covid-19.

Dengan dilibatkannya masyarakat di sekitar kawasan Candi Muarojambi diharapkan festival tersebut memiliki ciri khas tersendiri karena masyarakat akan menampilkan budaya dan kearifan lokal khas daerah itu. Serta masyarakat dapat merasakan bahwa mereka merupakan bagian dari festival tersebut.

"Festival Candi Muarojambi ini merupakan momen dan ajang bagi warga setempat untuk menampilkan budaya dan kearifan lokal yang ada agar dikenal oleh dunia," kata Erwin.

Festival Candi Muarojambi turut diharapkan dapat mendongkrak gairah pelaku usaha di bidang wisata, seperti pengrajin, UMKM yang memproduksi makanan khas Jambi dan pelaku usaha oleh-oleh Jambi. Dimana selama pandemi Covud-19 para pelaku usaha di sektor wisata tersebut merupakan pelaku usaha yang sangat terdampak.

Selain Festival Candi Muarojambi, Festival Batanghari yang akan dilaksanakan pada September 2021 di kawasan Gentala Arasy juga masuk dalam kalender pariwisata nasional KEN tahun 2021. Penyelenggaraan festival yang masuk dalam kalender pariwisata nasional tersebut diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Festival ini juga merupakan upaya untuk membangkitkan perekonomian masyarakat serta yang lebih penting untuk melestarikan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal masyarakat," kata Erwin.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments