Rabu, 4 Agustus 2021

Program DAK Air Minum dan Sanitasi Daerah Mulai Disosialisasikan

Jumat, 25 Juni 2021 | 10:58:33 WIB


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sarolangun mulai mensosialisasikan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) di bidang air minum dan sanitasi daerah
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sarolangun mulai mensosialisasikan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) di bidang air minum dan sanitasi daerah / Mario / Metrojambi.com

SAROLANGUN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sarolangun mulai mensosialisasikan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK) di bidang air minum dan sanitasi daerah.

Program yang diberikan oleh pemerintah pusat itu bertujuan untuk membangun fasilitas air bersih dan sanitasi sampai ke seluruh wilayah hingga ke tingkat desa.

"Ada 22 desa yang kita undang untuk kegiatan DAK dan sanitasi air minum di tahun 2022 ini," ujar Asisten ll Bupati Sarolangun, Dedy Hendri, Jumat (25/6).

Dikatakan Dedy, program nasional ini bertujuan untuk menciptakan 100 persen penduduk tercover oleh air bersih, nol persen kawasan kumuh dan 100 persen untuk sanitasi.

"Anggaran untuk air minum itu 5,9 sedangkan sanitasi itu 1,8 yang lebih kurang 8 milyar yang kita dapat dari DAK itu," katanya.

Ditambahkan Dedy, dari 22 desa yang disosialisasikan nantinya akan mendapat kucuran dana berbeda-beda. Tergantung dari apa yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

"Yang dapat itu desa di 4 Kecamatan, dan tentu kita ingin melaksanakan kegiatan ini sebaik-baiknya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Dedy berharap dalam pelaksanaan program kegiatan tersebut nantinya dapat berjalan dengan baik.

"Membantu masyarakat dalam menyiapkan air bersih yang layak minum dan sanitasi yang bisa terpenuhi," imbuhnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments