Sabtu, 18 September 2021

Terkendala Peralatan, Pencetakan KTP dan KIA di Sarolangun Sempat Macet

Senin, 28 Juni 2021 | 10:34:48 WIB


Kepala Disdukcapil Sarolangun Arsyad
Kepala Disdukcapil Sarolangun Arsyad / Mario Dwi Kurnia/Metrojambi.com

SAROLANGUN - Proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) di wilayah Kabupaten Sarolangun sempat mandek selama beberapa bulan terakhir.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sarolangun, Arsyad mengaku, meski ada kendala upaya pelayanan masyarakat tetap terus dilakukan.

"Memang dalam pelayanan ini ada beberapa hal seperti printer yang dapat mengganggu pelayanan itu," kata Arsyad, Senin (28/6).

Baca juga : Tinggal 20 Persen Warga SAD di Sarolangun Belum Rekam e-KTP

Dikatakannya, dalam beberapa bulan terakhir, Dukcapil Sarolangun belum dapat melakukan pencetakan secara maksimal. Dikarenakan rebon atau tinta untuk pencetakan dan film masih dalam proses pengadaan, sehingga pihaknya masih menunggu itu.

"Kalau dari sisi penganggaran tidak ada kendala, uangnya ada tetapi kita nyangkut regulasi yang berkaitan dengan pengadaan," katanya.

Menurutnya, apa yang harus dilakukan itu jangan sampai salah di mata hukum. Makanya Dukcapil Sarolangun tetap berpedoman kepada e-katalog yang merupakan standar dari pengadaan oleh DKPP RI.

"Sepanjang standar e-katalog ini belum keluar kita agak susah dari sisi pengadaan, baik pengadaan secara lelang," jelasnya. 

Dia memperkirakan peralatan tersebut akan sampai dalam beberapa hari ke depan. "Paling lama minggu depan, satu minggu dari minggu ini Insyaallah sudah datang. Tidak lama lagi kita akan memulai perekaman dan pencetakan sesuai kebutuhan masyarakat," tuturnya.

Mengenai blanko dan lainnya, kata Arsyad masih terbilang cukup untuk saat ini.

Diakuinya bahwa antusias masyarakat masih tinggi dalam perekaman KTP tersebut. "Karena zaman inikan zaman bansos dan masuk perguruan tinggi," imbuhnya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments