Jumat, 30 Juli 2021

Namanya Dicatut Pelaku Penipuan, Pj Sekda Kerinci Nonaktifkan Akun Facebook

Sabtu, 03 Juli 2021 | 11:30:02 WIB


Pj Sekda Kerinci Asraf
Pj Sekda Kerinci Asraf /

 KERINCI - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kerinci Asraf diketahui menonaktifkan akun facebook miliknya dengan nama "Wo Asraf Kerinci Sakti".

Ini dilakukan setelah adanya pihak yang tidak bertanggung jawab membuat akun facebook dengan mencatut nama Asraf untuk mencari keuntungan pribadi.

Asraf saat dikonfirmasi mengatakan, ia memilik untuk menonaktifkan akun facebook pribadinya untuk mengantisipasi terjadinya tindakan penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut.

“Saya sudah menonaktifkan akun facebook atas nama "Wo Asraf Kerinci Sakti". Saat ini akun saya tinggal satu yaitu "Asraf Zain",” kata Asraf, Sabtu (3/7).

Menurut Asraf, akun facebook yang mengatasnamakan dirinya itu akhir-akhir ini semakin gencar menghubungi masyarakat via
messenger.

Asraf mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dengan aksi penipuan yang mengatasnamakan dirinya. “Jika ada masyarakat yang menerima pesan messenger dari akun atas nama "Wo Asraf Krinci Sakti", abaikan saja,” tegas Asraf.

Untuk diketahui, akun abal-abal tersebut menggunakan nama "Wo Asraf Krinci Sakti", hanya berbeda satu kata dari akun asli Sekda Asraf, "Wo Asraf Kerinci Sakti". Pelaku juga memasang foto profil dengan menggunakan foto Asraf.

Akun abal-abal tersebut gencar menghubungi masyarakat Kabupaten Kerinci. Dalam menjalankan aksinya, pemilik akun mengirimkan pesan messenger kepada masyarakat yang menjadi target dengan berpura-pura menyapa.

Setelah percakapan terjadi, pelaku kemudian menawarakan kepada target untuk menduduki jabatan dan atau menawarkan peluang masuk CPNS jalur khusus di Pemkab Kerinci.

Syaratnya, target harus membayar uang mahar terlebih dahulu. Mahar yang ditawarkan kepada target atau calon korban pun beragam. Mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments