Selasa, 19 Oktober 2021

Porsi Minum Susu yang Tepat untuk Orang Dewasa

Kamis, 03 Juni 2021 | 11:58:46 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAKARTA - Susu bukan cuma untuk anak-anak, orang dewasa pun membutuhkannya untuk melengkapi asupan harian mereka. Berdasarkan pedoman gizi seimbang, Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah menjelaskan pada umumnya orang dewasa butuh asupan susu satu gelas dalam sehari.

"Untuk ibu hamil dan menyusui bisa dua gelas sehari," kata Hardinsyah dalam bincang-bincang "Rayakan Hari Susu Sedunia 2021: Kebaikan Susu Awali Hari", Rabu.

Dia menjelaskan, susu mengandung protein, lemak, kalsium, vitamin A, B1, B2, B12, D, magnesium, potassium dan karbohidrat yang baik bagi tubuh sehingga jadi salah satu sumber asupan bergizi baik yang cocok untuk melengkapi kebutuhan gizi harian bagi anak, remaja dan dewasa.

Susu bisa jadi pilihan pangan yang dikonsumsi untuk memulai hari dengan sarapan, kebiasaan yang disebutnya penting untuk irama sirkadian, pola perubahan biokimia, mental, fisik dan perilaku mengikuti siklus 24 jam.

Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara 2021 yang jatuh pada tanggal 1 Juni diperingati Frisian Flag Indonesia (FFI) untuk mengingatkan masyarakat akan manfaat dan kebaikan susu, khususnya dalam melengkapi asupan gizi di pagi hari.

Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, Andrew F. Saputro menyatakan Peringatan Hari Susu Sedunia dan Hari Susu Nusantara menjadi momen yang tepat untuk terus menyerukan kebaikan dan manfaat dari susu.

"Kami percaya, pagi hari menjadi momen penting yang akan menentukan kualitas hari yang dijalani seseorang. Dengan menanamkan kebiasaan baik dan didukung dengan asupan terbaik, masyarakat tentu dapat lebih siap meraih hari terbaik mereka," kata dia.

Dia melanjutkan, selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, kebaikan susu juga dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat - baik peternak sapi lokal sebagai pahlawan gizi nasional, maupun masyarakat umum yang kian produktif dengan dukungan gizi baik dari produk susu berkualitas.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments