Rabu, 22 September 2021

Optimalkan Potensi Daerah dan Pemerataan Pembangunan, Bupati Tanjabbar MoU dengan Pemprov Riau

Rabu, 07 Juli 2021 | 16:49:26 WIB


Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) dan Pemerintah Provinsi Riau sepakat menjalin kerjasama untuk mengoptimalkan potensi daerah dan pemerataan pembangunan yang ada di kawasan perbatasan kedua wilayah.
Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) dan Pemerintah Provinsi Riau sepakat menjalin kerjasama untuk mengoptimalkan potensi daerah dan pemerataan pembangunan yang ada di kawasan perbatasan kedua wilayah. / Eko Siswono/Metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) dan Pemerintah Provinsi Riau sepakat menjalin kerjasama untuk mengoptimalkan potensi daerah dan pemerataan pembangunan yang ada di kawasan perbatasan kedua wilayah.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak dilakukan di kantor Gubernur Riau, Rabu (7/7).

Dalam kesempatan ini dari Pemkab Tanjabbar hadir langsung Bupati Amwar Sadat, Ketua DPRD Tanjabbar Abdullah, Wakil ketua DPRD, Sekda Agus Sanusi, Asisten, Kepala BKDSDA, Kepala Inspektorat Encep Zarkasi  dan Plt Kabag Kerja Sama.

Sementara itu dari Pemprov Riau, Gubernur Riau, Unsur Forkopimda Provinsi Riau, Pejabat Struktural Lingkup Provinsi Riau, Asisten 1 Pemprov Riau dan Kabag Tapem.

Bupati Tanjabbar Anwar Sadat mengatakan, kerjasama ini untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya manusia (SDM) secara efektif evesien serta meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Anwar Sadat menyebutkan meningkatkan sinergitas dan integritas program-program Pemkab Tanjab Barat dan Pemerintah Provinsi Riau. "Dalam kerjasama pembangunan daerah,"ujarnya.

Anwar Sadat menjelaskan, dalam kerjasama tersebut diharpakan dapat berkembang luas pada berbgai bidang karena mengigat  wilayah Tanjab Barat berbatasan langsung dengan dua kabupaten yang ada di Provinsi Riau, yakni Indragiri Ilir dan Indragiri Ulu.

Anwar Sadat berharap kerjasama tidak berhenti sebatas ceremonial belaka namun berlanjut pada karya nyata kerjasama teknis dalam dokumen perjanjian kerjasama. "Antara OPD baik OPD Pemprov Riau maupun OPD Pemkab Tanjab Barat,"harapnya.

Selain itu, kata dia hal ini sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kesejahtraan rakyat dan peningkatan pelayanan public di Kabupaten Tanjab Barat maupun Provinsi Riau. "Untuk peningkatan pelayanan publik di kedua wilayah," tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengayakan pihaknya sangat menyambut baik kerjasama antar dua wikayah baik Provinsi Riau maupun Kabupaten Tanjab Barat yang secara geografis berbatasan langsung dengan dua kabupaten di Riau.

"Saya menyambut baik gagasan awal adanya MoU ini, kerjasama ini membawa angin baik dalam rangka meningkatkan persaudaraan," kata Samsuar.

Ia berharap kerjasama yang dilakukan tersebut tidak hanya di atas kertas. Melainkan kerjasama di lapangan harus dapat berjalan.

"Kami harapkan kerjasama ini dapat kita konsepkan, jangan hanya seremonial belaka tapi ada eksis kerjasamanya dalam membangun ekonomi secara bersama, kegiatan sosial, kegiatan budaya hingga memanfaatkan investor di dua daerah sehingga akan  maju dimasa yang akan datang," pungkasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments