Jumat, 30 Juli 2021

Tolak Hasil Pilkades, Warga Pentagen Geruduk Kantor Bupati Kerinci

Senin, 12 Juli 2021 | 11:06:30 WIB


Warga Pentagen geruduk Kantor Bupati Kerinci
Warga Pentagen geruduk Kantor Bupati Kerinci / istimewa

KERINCI - Kisruh Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pendung Talang Genting (Pentangen), Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci masih berlanjut.

Meski telah dilakukan penghitungan suara ulang untuk TPS 03, masih ada warga yang keberatan dan menolak hasil perhitungan tersebut, karena dinilai ada kecurangan.

Bahkan hari ini, Senin (12/7), massa yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Desa Pendung Talang Genting, menggelar aksi demo di kantor Bupati Kerinci.

Aman Prasetio, saksi tim pemenangan Cakades nomor urut 02 mengatakan, pihaknya keberatan atas hasil penghitungan ulang surat suara TPS 3 Pilkades Pendung Talang Genting tahun 2021 di tingkat kabupaten.

Dijelaskan Aman, berdasarkan surat nomor 141/386/II/DPMD/2021 tentang penjemputan kotak suara TPS 3 Desa Pendung Talang Genting, dan surat undangan nomor 005/07.05/II/DPMD/2021 tentang undangan rapat penyelesaian perselisihan sengketa pemilihan Kepala Desa Pendung Talang Genting, Kecamatan Danau Kerinci, adalah penghitungan ulang dengan membuka kotak suara di TPS 3 pada tanggal 6 Juli 2021 bertempat di Ruang Pola Setda Kerinci.

"Maka kami dari tim pemenangan pemilihan kepala Desa Pendung Talang Genting Nomor urut 02 Idham Aris, menyampaikan keberatan dan menolak terhadap hasil rapat dan penghitungan ulang surat suara panitia Lilkades tingkat kabupaten," tegasnya.

Ditambahkan Aman, hasil penghitungan suara ulang yang dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2021 di TPS 3, cakades nomor urut 01 atas nama Usman memperoleh suara 81, nomor urut 02 Idham Aris memperoleh 80 suara, dan nomor urut 03 Sukman memperoleh 73. Serta surat suara tidak sah berjumlah 2 yang belum diputuskan 1 surat suara dengan indikasi surat suara rusak.

"Sedangkan hasil penghitungan surat suara di tingkat desa berbanding terbalik dengan hasil penghitungan suara ulang di tingkat kabupaten yang tertuang di C1 yang sudah ditandatangani oleh saksi, panitia dan BPD menghasilkan surat suara Nomor urut 01 Usman berjumlah 80, nomor urut 02 Idham Aris berjumlah 81, nomor urut 03 Sukman berjumlah 71 serta surat suara tidak sah berjumlah 5," bebernya.

Aman mengatakan, penghitungan suara ulang di tingkat kabupaten tidak sesuai dengan C1 dan jelas telah merugikan calon nomor urut 02 atas nama Idham Aris sebagai pemenang yang telah ditetapkan oleh Panitia Pilkades tingkat Desa Pendung Talang Genting, BPD Pendung talang Genting dan Panitia Pilkades Tingkat Kecamatan Danau Kerinci.

Padahal, lanjut Aman, sesuai dengan keberatan tim nomor urut 02 sebelumnya bahwa pihaknya mendukung penghitungan surat suara ulang dengan catatan harus sesuai dengan fakta C1, dan kotak suara dijamin dalam keadaan steril.

Faktanya sesuai dengan hasil penghitungan surat suara ulang sudah banyak terjadi perubahan dan ini jelas kotak suara sudah tidak steril.

"Dengan ini kami minta Bupati Kerinci membatalkan proses penghitungan suara ulang di tingkat Kabupaten karna secara nyata tidak sesuai dengan perolehan penghitungan di tingkat desa dan C1 yang sudah ditandatangani dan kotak suara TPS 03 sudah tidak steril sesuai keadaan semula," pungkasnya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments