Rabu, 22 September 2021

Puluhan Hewan Kurban Masih Tersedia untuk Masyarakat Sarolangun

Selasa, 13 Juli 2021 | 10:45:08 WIB


ilustrasi hewan kurban
ilustrasi hewan kurban / Antara

SAROLANGUN - Jelang hari besar keagamaan Islam Idul Adha 1442 Hijriah, puluhan hewan siap kurban, saat ini masih tersedia untuk dibeli masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan Sarolangun, Masturo mengatakan, sejauh ini pihaknya tidak melakukan penyimpanan terkait ketersediaan hewan kurban tersebut.

"Kalau dinas tidak menyetok. Kita cuma pembinaan ke peternak dan menyediakan hewan kurban di pasar ternak yang ada di Pasar Bukit," ujar Masturo, Selasa (13/7).

Menurutnya, karena keterbatasan anggaran, mengakibatkan hal tersebut (menyediakan hewan, red) sulit dilakukan, sehingga hanya berfokus pada pemastian ketersediaan hewan kurban.

"Kita hanya melakukan pembinaan pada peternak dan pasar hewan, agar selalu ada hewan yang bisa diperjualbelikan untuk kebutuhan kurban," katanya.

Selain itu, berdasarkan survei yang dilakukan, terdapat tiga sektor peternak melakukan kapasitas penggemukan dari 70 sampai 100 kilogram.

"Kalau stok peternak di Singkut, empat hari yang lalu masih ada 85 ekor sapi. Di pasar ternak kemarin ada sekitar 10 ekor, terus peternak yang di Bernai juga masih ada sekitar 15 ekor," ungkapnya.

Masturo menambahkan, dalam segi pembinaan hingga kini pihaknya masih terus melakukan pemantauan terkait kesehatan ternak.

"Kami rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ternak. Untuk ternak-ternak yang P2DK itu ada simulasi buatan. Jadi kalau nggak ada pejantannya, kawin suntik istilahnya," jelasnya.

Mengenai mekanisme yang dilakukan pada saat pemotongan hewan kurban juga telah ditetapkan dalam surat edaran dan diteruskan hingga ke tingkat desa.

"Dalam rangka penyembelihan hewan kurban itu, masyarakat yang melaksanakan kurban tidak perlu datang ke tempat penyembelihan," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments