Sabtu, 18 September 2021

Lima Amalan Terbaik di Sepuluh Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Menurut Ustadz Adi Hidayat

Kamis, 15 Juli 2021 | 15:36:04 WIB


Ustadz Adi Hidayat
Ustadz Adi Hidayat / istimewa/youtube

DALAM tausiyahnya, Ustadz Adi Hidayat pernah menyampaikan bahwa ada amalan rahasia yang bisa dilakukan di 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah yang senilai dengan ibadah haji.

Menurut Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa amalan tersebut bisa dilakukan oleh warga Indonesia yang tidak bisa melaksanakan ibadah haji di masa pandemi Covid-19 ini.

Dilansir dari Kanal YouTube Kajian Islam Official yang diunggah Rabu, 22 Juli 2020, Ustadz Adi Hidayat menyebutkan bahwa Allah bersumpah dalam Surat Al Fajr tentang waktu fajar.

"Di pembukaan surat ke-89 ini Allah tengah bersumpah menunjukkan sesuatu yang istimewa, sehingga meminta perhatian kita secara serius, yaitu tentang waktu fajar," ujarnya.

Ustadz Adi Hidayat mengungkapkan, bahwa fajar yang dimaksudkan ialah pada sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah.

Lalu Ustadz yang biasa disapa UAH itu membagikan amalan rahasia selama 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah.

  1. Sholat

Sholat termasuk amalan yang apabila dikerjakan di sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah akan mendapatkan keutamaan hari itu.

Sholat yang bisa dikerjakan bukan hanya fardhu melainkan juga yang kategorinya sunnah, seperti tahajud dan dhuha. Salah satu keutamaan yang didapatkan apabila menjalankan sholat di hari itu ialah ibadahnya akan dicintai Allah SWT.

"Sholat dengan benar, di tanggal satu Djulhijjah sholat anda menjadi sholat yang dicintai Allah SWT," ujarnya

2. Infaq

Pada sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah, infak menjadi salah satu amal sholeh yang dicintai Allah SWT.

Infaq pada hari-hari yang dimaksudkan itu tidak perlu bersusah payah dengan memberi sesuatu yang sulit dicukupi. Ustadz Adi Hidayat menyampaikan, bahwa infaq bisa saja dengan nominal yang mudah dicukupi atau disiapkan di waktu-waktu sebelumnya

3. Membaca Al Quran

Ustadz Adi Hidayat menganjurkan untuk memperbanyak membaca Al Quran di sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah.

Menurutnya, membaca Al Quran di hari-hari itu harus lebih banyak dibandingkan waktu biasanya agar mendapatkan keutamaan.

4. Puasa

Salah satu amal sholeh yang bisa dikerjakan saat Bulan Dzulhijjah ialah ibadah puasa.

Puasa di sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah merupakan langkah cepat untuk mencakup ganjaran amalan-amalan lainnya. Menurut Ustadz Adi Hidayat saat orang berpuasa seluruh amalan-amalan sholeh baik wajib maupun sunnah pasti akan dikerjakan.

Untuk jenis puasa yang bisa dilakukan ialah sesuai kemampuan masing-masing. Bisa setiap hari dari tanggal satu hingga sembilan. "Ada rahasia yang dengan amalan ini, seluruh amalan lain bisa tercakup, yaitu puasa," Sambung Ustadz Adi Hidayat.

    5. Qurban

Ibadah yang bisa dilakukan pada puncak Bulan Dzulhijjah ialah berqurban atau menyembelih hewan untuk dibagikan ke sesama.

Dengan qurban, seseorang akan mendapatkan keutamaan di sepuluh hari pertama Bulan Dzulhijjah, meskipun dilaksanakan pada hari kesebelas hingga kedua belas.

Nah, itulah amalan rahasia menurut Ustadz Adi Hidayat selama bulan Dzulhijah. Sebagai umat muslim, kita diwajibkan melakukan amalan baik agar mendapat rahmat dan pahala dari Allah SWT.***


Penulis: (*)
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments