Selasa, 19 Oktober 2021

Tujuh Warga Merangin Komplotan Pencuri Komponen Alat Berat Diamankan

Jumat, 16 Juli 2021 | 11:33:42 WIB


/ Metrojambi.com/Novri

 JAMBI - Tim gabungan dari Resmob Ditreskrimum Polda Jambi dan Satreskrim Polres Merangin menangkap tujuh orang yang merupakan komplotan pelaku pencurian komponen alat berat.

Ketujuh pelaku yang diamankan yakni, Winarno (43), Ido Ade Saputra (29), Dedek Saputra (28), Andika Saputra (38), Wawan Setiawan (35), M Andre Aziz (21), dan M Rifai (34), yang merupakan warga Desa Lantak Seribu, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Merangin.

Direktur Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Kaswandi Irwan mengatakan, ketujuh pelaku tersebut setidaknya telah melakukan aksinya di dua lokasi berbeda di wilayah Pamenang, Kabupaten Merangin.

"Para pelaku ini melakukan aksinya pada 23 Juni dan 7 Juli lalu," kata Kaswandi, Jumat (16/7).

Ditambahkan Kaswandi, para pelaku dalam aksinya menggunakan peralatan seperti obeng dan kunci-kunci lainnya untuk melepas perangkat dari alat berat.

Adapun komponen alat berat yang berhasil dicuri kawanan pelaku yakni 1 set komputer dengan merk Hitaci, 1 set motogas, 1 set komputer dengan merk Komatsu, dan 1 set spare part final drip yang berjumlah 5 buah.

"Rencananya barang-barang yang dicuri tersebut mau dijual ke Palembang, Sumatera Selatan," kata Kaswandi.

Lebih lanjut, Kaswandi mengatakan ketujuh pelaku ditangkap pada Selasa (12/7) lalu di dua lokasi berbeda. Dikatakan Kaswandi, awalnya dua orang pelaku diamankan di Palembang saat akan menjual hasil curian.

"Lima pelaku lainnya diamankan di wilayah Pamenang, Kabupaten Merangin," ujar Kaswandi.

Atas perbuatannya paea pelaku dikenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman di atas 7 tahun penjara.


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments