Minggu, 19 September 2021

Sempat Kabur ke Malaysia, Mantan Anggota DPRD Kerinci Buron Kejaksaan Ditangkap

Senin, 19 Juli 2021 | 21:02:09 WIB


/ Metrojambi.com

 SUNGAIPENUH - Yusuf Sagoro, mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kerinci periode 2004-2009 yang menjadi buronan kejaksaan terkait kasus korupsi APBD Kerinci 2003 berhasil ditangkap.

Informasi yang diperoleh Metrojambi.com, Yusuf Sagoro ditangkap Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sungaipenuh yang dipimpin Kepala Seksi Intelijen Sumarsono, Senin (19/7).

Sumarsono saat dikonfirmasi mengatakan, Yusuf yang berstatus terpidana dalam kasus tersebut ditangkap saat berada di kediamannya sekira pukul 11.30 WIB.

"Sebelumnya lebih dulu kita melakukan pengintaian," kata Sumarsono.

Berdasarkan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA), Yusuf divonis hukuman penjara 1 tahun 6 bulan. Namun belum sempat dieksekusi, Yusuf sudah melarikan diri sehingga ditetapkan sebagai DPO (daftar pencarian orang).

Sumarsono menyebutkan, Yusuf sempat kabur dan menetap di Malaysia. Namun setelah belasan tahun kabur, Yusuf pulang ke Kerinci.

"Begitu mendapatkan informasi yang bersangkutan pulang ke Kerinci, langsung kita tangkap," pungkasnya.

Saat ini, Yusuf diamankan di kantor Kejari Sungaipenuh untuk menjalani masa hukumannya.

Untuk diketahui, dalam kasus ini Yusuf divonis bersalah menerima tunjangan kesejahteraan berupa asuransi kesehatan dalam bentuk tunai. Hal ini tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Perda No.16 tahun 2003 pasal 26 ayat 3 beserta penjelasanya dalam Perda No. 16 tahun 2003.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments