Kamis, 23 September 2021

RPH Kota Jambi Sembelih Puluhan Hewan Kurban

Selasa, 20 Juli 2021 | 20:46:08 WIB


Petugas Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Jambi menyembelih seekor hewan kurban, Selasa (20/7/2021). RPH Kota Jambi lakukan penyembelihan 20 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah
Petugas Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Jambi menyembelih seekor hewan kurban, Selasa (20/7/2021). RPH Kota Jambi lakukan penyembelihan 20 ekor hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah / Antara/Muhamad Hanapi

 JAMBI - Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Jambi menyembelih puluhan hewan kurban dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga yang ada di Jambi.

"Jumlah pemotongan hewan kurban di RPH tahun ini menurun dari tahun sebelumnya, tahun ini ada sekitar 20 ekor sapi dan kerbau yang di potong untuk hewan kurban," kata Petugas Pemotongan di RPH Kota Jambi Ismail di Jambi, Selasa.

Sebagian besar hewan kurban yang di sembelih di RPH merupakan hewan kurban dari dinas dan instansi. Tidak banyak dari masyarakat umum yang melakukan penyembelihan hewan kurban di RPH. Pada tahun-tahun sebelumnya dalam dua hari pemotongan terdapat 30 sampai 40 ekor hewan kurban yang di sembelih di RPH tersebut.

Meski terdapat imbauan dari Pemerintah untuk menyembelih hewan kurban di RPH namun masyarakat lebih memilih menyembelih sendiri hewan kurban di mesjid dan tanah lapang.

"Yang mempengaruhi pemotongan hewan kurban di RPH, ya pandemi Covid-19 ini," kata Ismail.

Dijelaskan Ismail, pemotongan hewan kurban di RPH Kota Jambi tersebut menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara disiplin. Petugas pemotongan hewan kurban dibagi menjadi dua tim.

Tim pertama melakukan pemotongan hewan kurban pada pagi hari dan tim ke dua pada siang hari. Begitu pula dengan hewan kurban yang di sembelih dilakukan secara bergantian agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Dari proses penyembelihan hingga pembersihan dilakukan secara bergantian, selesai satu sapi baru sembelih lagi sapi berikutnya," kata Ismail.

Sementara itu pada Idul Adha tahun 2021 ini Pemerintah Kota Jambi melakukan penyembelihan hewan kurban sebanyak 187 ekor. Terdiri dari 155 ekor sapi, 10 ekor kerbau dan 22 ekor kambing.

Penyembelihan hewan kurban dari Pemerintah Kota Jambi tersebut di sebar di beberapa titik agar tidak menimbulkan kerumunan. Diantaranya di lapangan Kantor Wali Kota Jambi, di sejumlah Instansi vertikal, di kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan di masyarakat umum.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments