Rabu, 29 September 2021

Walikota dan Wawako Sholat Idul Adha di Balaikota

Selasa, 20 Juli 2021 | 14:17:10 WIB


/ Istimewa

JAMBI - Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1442 H, Pemerintah Kota Jambi kembali menggelar Sholat Ied berjamaah di lapangan Balaikota Jambi.

Kegiatan sholat Idul Adha dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Sebagai iman dalam sholat tersebut M Abror Alhafiz, sedangkan sebagai Khotib HM Amin M.Kes.

Walikota Jambi Sy Fasha dalam sambutannya mengatakan Pemkot Jambi melaksanakan sholat Ied di lapangan dan masjid atas kesepakatan Kementerian Agama Kota Jambi.

"Kita lihat banyak kota-kota yang tidak melaksanakan salat Ied di masjid maupun di lapangan, tidak hanya pulau Jawa dan Bali, tetapi di pulau Sumatera juga. Alhamdulillah kita masih bisa melaksanakan sholat Ied idul Adha," ujar Fasha.

Ia juga mengatakan tahun ini pemkot jambi melaksanakan pemotongan hewan Qurban dengan jumlah 187 ekor, terdiri dari Sapi sebanyak 155 ekor, Kerbau 10 ekor dan Kambing 22 ekor.

"Hewan Qurban tersebut akan di sembelih di beberapa titik lokasi yang telah di tentukan antara lain di Kantor Walikota sebanyak 18 ekor, di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 135 ekor dan Instansi Vertikal serta masyarakat sebanyak 34 ekor," ungkapnya.

Diketahui jumlah hewan qurban pada tahun ini meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang mana pada tahun 2019 sebanyak 163 ekor hewan qurban.

Selain itu, fasha menambahkan untuk teknis pelaksanaan hewan qurban sudah dituangkan dalam surat keputusan bersama yaitu yang boleh hadir di tempat qurban hanya panitia dan yang berkurban, kemudian untuk pembagian akan dilaksanakan di rumah-rumah yang berhak mendapatkan.

"Apabila ada warga yang menerima kupon dan yang akan mengambil dagingnya tetap dilayani ditempat yang sudah ditentukan dan diatur yaitu per 30 menit. Ini betul-betul diatur dengan prokes untuk menghindari krumunan," kata Fasha.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkot Jambi, Kamal mengatakan bahwa untuk di Walikota Jambi menyiapkan 1500 kupon. "Prioritas utama PHL dan tenaga kontrak," ujarnya.

Sementara itu pihaknya tidak menyangka antusias masyarakat yang mengikuti sholat eid di lapangan walikota begitu banyak dan diluar dugaan. "Tidak disangka masyarakat atau jamaah datang berlebih. Persiapannya awal tadi menyiapkan 400 hingga 500 tempat," tandasnya.


Penulis: Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments