Rabu, 22 September 2021

Pemkab Kerinci akan Serahkan 11 Kantor ke Pemkot Sungaipenuh

Kamis, 17 Juni 2021 | 10:25:43 WIB


Pj Sekda Kerinci, Asraf
Pj Sekda Kerinci, Asraf / istimewa

KERINCI – Buntut pemekaran Kabupaten Kerinci, semua aset yang dulunya milik pemerintah kabupaten 'terpaksa' diserahkan ke Kota Sungaipenuh. Informasinya rangkaian penyerahan aset ini dipantau langsung KPK.

Saat ini perkantoran milik Pemkab Kerinci yang berada di Sungaipenuh hampir semuanya sudah pindah ke lokasi baru di kompleks perkantoran Bukit Tengah.

Mulai dari UPTD hingga di Mess Pemda. Sedangkan OPD yang belum keluar dari Sungaipenuh sedang mengupayakan pinjam pakai kantor untuk sementara waktu.

Pj Sekda Kerinci, Asraf mengatakan serah terima aset ini, sesuai keputusan Mahkamah Konsitusi RI Nomor 3/PPU-XVIII/2020 tanggal 25 November 2020 dan berita acara serah terima aset milik Pemkab Kerinci kepada Pemerintah Kota Sungaipenuh tahap ke-empat Nomor : 030/235/IV/BPKPD-2021 dan Nomor : 028/131/BKD-VI-2021 tanggal 15 April 2021.

"Lalu, surat Gubernur Jambi Nomor S-1138/SETDA.PEM-OTDA-2.2/V/2021 perihal tindak lanjut berita acara serah terima penyerahan aset Pemerintah Kabupaten Kerinci ke Pemkot Sungaipenuh dan juga surat berita acara rapat tim penyerahan aset tanggal 03 Juni 2021 dan tanggal 14 Juni 2021," ujar Asraf.

Untuk itu, kata Asraf, kepala OPD lingkup Pemkab Kerinci segera menempati kantor sementara yang telah ditetapkan tim penyerahan aset milik Pemkab Kerinci ke Pemkot Sungaipenuh. "Paling lambat penyerahan aset tanggal 17 Juni 2021," ungkapnya.

Kantor yang pindah yakni, Dinas Pengendalian Penduduk, KB, PP dan Perlindungan Anak di UPTD Pendidikan Siulak, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Islamic Center, Dinas Perkebunan dan Peternakan di Simpang Goreng, Dinas Pemuda dan Olahraga di UPTD Pendidikan Semurup dan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan di Mess Danau Kerinci.

Lalu, Dinas Lingkungan Hidup di Mess Danau Kerinci, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di UPTD Pariwisata di Air Hangat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kantor SKB, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa di Kantor Bupati Kerinci, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Kantor Bupati dan Bagian Perpustakaan di Kantor Bupati. "Bagi yang belum pindah lokasi kita mengupayakan pinjam pakai," katanya.

Kabid Aset DPKAD Kerinci Yasser membenarkan saat ini sudah banyak kantor Pemkab Kerinci yang pindah lokasi. Terbaru ada 11 OPD yang pindah kantor. “Semua OPD yang kantornya pindah sudah disurati,” kata Yaser Arafat.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments