Selasa, 26 Oktober 2021

Pendampingan Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Menggunakan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif

Selasa, 22 Juni 2021 | 15:15:15 WIB


/

Oleh : Ariani Pratiwi AR *)

KULIAH Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat yang wajib dilaksanakan setiap tahunnya oleh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Hanya saja di tahun ini, semua kegiatan perkuliahan termasuk KKN terhambat karena adanya pandemic Covid-19.

Menyikapi hal ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) menghadirkan Program Kampus Mengajar yang merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan didukung oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan, tujuan diadakannya Kampus Mengajar yaitu untuk menghadirkan mahasiswa sebagian bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, serta membantu pembelajaran di masa pandemi, terutama untuk SD di daerah 3T.

Sehingga, mahasiswa dapat menjadi partner guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran. Salah satu program kerja KKN Kampus Mengajar angkatan 1 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta yang dilakukan oleh Ariani Pratiwi AR dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yaitu pendampingan pembelajaran matematika berbasis konteks, untuk menumbuhkan kemampuan numerasi bagi siswa sekolah dasar dengan pemanfaatan teknologi menggunakan media pembelajaran Powerpoint interaktif.

Selain itu, untuk meningkatkan numerasi di SD Desa Lembah Kuamang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi perlu kemampuan kognitif yang kuat dan penalaran tingkat tinggi, maka dari itu perlu adanya pendampingan untuk meningkatkan numerasi pembelajaran matematika berbasis konteks.

Kondisi proses belajar mengajar di banyak sekolah dalam bidang studi Matematika banyak permasalahan diantaranya adalah kurangnya minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika. Salah satu usaha untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar adalah guru harus berusaha dan berinovasi menemukan cara agar proses belajar mengajar menjadi menarik dan berhasil menumbuhkan minat dan motivasi siswa untuk belajar.

Oleh karena itu, berdasarkan kondisi diatas yang dialami oleh siswa/i tersebut munculah ide untuk membuat pendampingan pembelajaran matematika berbasis konteks untuk menumbuhkan kemampuan numerasi bagi siswa sekolah dasar dengan pemanfaatan teknologi menggunakan media pembelajaran Powerpoint interaktif yang dilaksanakan mahasiswa KKN Kampus Mengajar UAD Yogyakarta.

Pendampingan pembelajaran matematika berbasis konteks untuk menumbuhkan kemampuan numerasi bagi siswa sekolah dasar dengan pemanfaatan teknologi menggunakan media pembelajaran Powerpoint interaktif dilaksanakan setiap Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat (rentang tanggal 22 Maret-27 Juni 2021) pada pukul 07.00-10.00 WIB, dengan sasaran siswa/siswi SDN 179/II Lembah Kuamang, Desa Lembah Kuamang, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Inovasi pembelajaran yang bisa dibuat dengan beragam cara yaitu membuat skenario pembelajaran yang menyenangkan dan memanfaatkan media pembelajaran. Banyak media pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru, dengan memanfaatkan lingkungan sekitar ataupun berkreasi sendiri. Kreasi media pembelajaran yang dibuat dapat bermacam bentuk, salah satu yang dapat dibuat adalah media pembelajaran menggunakan komputer.

Media pembelajaran menggunakan komputer dapat menjadi alternatif pilihan yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran berbasis komputer mempunyai banyak kelebihan diantaranya bisa memberikan efek visual, animasi, dan suara yang menarik dan dinamis. Dengan visual yang menarik siswa akan lebih senang dan tertarik untuk mempelajari kompetensi yang disajikan.

Kompetensi dasar perkalian dan pembagian sangat relevan menggunakan media pembelajaran menggunakan komputer, karena komputer dapat menampilkan visualisasi yang menarik. Dengan visualisasi dan animasi komputer yang bagus, minat siswa untuk belajar akan lebih baik sehingga kontruksi konsep perkalian dan pembagian akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

Visualisasi konsep sifat-sifat perkalian dan pembagian untuk meningkatkan numerasi yakni dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif Powerpoint diharapkan akan menambah minat dan motivasi siswa untuk belajar sehingga kontruksi konsep akan terbentuk dengan baik dan membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.

Tujuan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif menggunakan Powerpoint adalah untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan menjadikan proses belajar mengajar lebih menarik dan menyenangkan, sehingga dapat membantu dalam mengkontruksi konsep perkalian dan pembagian dengan cara sederhana dan menyenangkan.

Respon siswa/siswi dalam kegiatan pendampingan pembelajaran matematika berbasis konteks untuk menumbuhkan kemampuan numerasi bagi siswa sekolah dasar dengan pemanfaatan teknologi menggunakan media pembelajaran Powerpoint interaktif sangat antusias dan lebih konsentrasi karena mereka lebih fokus dan termotivasi belajar dengan adanya visualisasi animasi, audio, game quiz dan reward.

Adanya reward diberikan kepada siswa setelah mengerjakan quiz bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kemampuan kognitif dan psikomotoriknya.

Hasil pencapaian siswa juga bisa dibilang meningkat dibuktikan dari nilai penilaian akhir semester (PAS) bahwa nilai tertinggi rata-rata siswa/siswi di SD tersebut adalah nilai dibidang numerasi.

Dengan adanya kegiatan ini siswa/siswi dapat terbantu saat belajar matematika dan bagi mahasiswa kegiatan ini sangat berguna untuk melatih kemampuan mengajar, mengembangkan metode belajar dan pemanfaatan media belajar guna meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas.


*) Mahasiswa KKN Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta


Penulis: Ariani Pratiwi AR
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments