Selasa, 19 Oktober 2021

Stok Beras Pemerintah di Bulog Jambi 7.400 Ton

Kamis, 22 Juli 2021 | 16:35:51 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi / istimewa

JAMBI - Stok cadangan beras pemerintah (CBP) dengan kualitas medium yang tersebar di lima gudang Bulog di wilayah Provinsi Jambi berjumlah 7.600 ton.

"Stok beras CBP kualitas medium di Jambi tersebut tersebar di Gudang Bulog Pasir Putih dan di kantor cabang Bulog Jambi," kata Kepala Perum Bulog Kanwil Jambi Defrizal di Jambi, Kamis.

Selain stok beras CBP, Perum Bulog Jambi juga memiliki stok beras dengan kualitas premium sebanyak 800 ton. Dengan demikian total stok beras di Gudang Bulog Jambi sebanyak 8.200 ton.

Dijelaskan Defrizal, dengan asumsi kebutuhan beras di Jambi sebanyak 2.000 ton dalam satu bulan, maka stok beras yang terdapat di gudang Bulog Jambi tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk empat bulan ke depan.

Selain stok beras, di gudang Bulog Jambi juga terdapat stok gula sebanyak 115 ton, tepung 3 ton, dan daging kerbau beku sebanyak 22 ton.

"Untuk minyak goreng saat ini masih dalam perjalanan, ada 15 ton yang di kirim ke Jambi," kata Defrizal.

Ketersediaan bahan pangan di Gudang Bulog Jambi tersebut penting untuk mengintervensi harga bahan pokok di pasaran. Jika harga bahan pangan tersebut mengalami peningkatan maka Perum Bulog Jambi dapat melakukan operasi pasar agar harga kembali stabil.

Saat ini Perum Bulog Jambi tengah melakukan distribusi bantuan beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan KPM bantuan sosial tunai (BST). Terdapat 153.990 KPM yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota di daerah itu yang menerima bantuan beras PPKM tersebut.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments