Rabu, 22 September 2021

Polda Jambi Optimistis Target Vaksinasi Tercapai

Senin, 26 Juli 2021 | 16:46:05 WIB


Vaksinasi kedua yang digelar Polda Jambi di GOR Kota Baru, Jambi.
Vaksinasi kedua yang digelar Polda Jambi di GOR Kota Baru, Jambi. / istimewa

JAMBI - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi optimistis target vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jambi tercapai, baik yang dilaksanakan oleh Polda maupun seluruh jajarannya di wilayah hukum ini.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo didampingi, Bidokkes Polda Jambi Kombes Yulie Koesnin di Jambi, Senin mengatakan, Polda telah menerima sebanyak 33 ribu dosis vaksin COVID-19. Dari 33 ribu dosis tersebut telah disebar luaskan ke Polres Jajaran Polda Jambi sekitar 1.500 dosis hingga 2.500 dosis vaksin.

"Seperti di Kabupaten Bungo sudah 5.000 dosis dan untuk Polres lainnya itu sekitar 2.000 dosis yang terpakai dan saat ini yang tersimpan di Polda Jambi dan jajaran hanya 12 ribu dosis vaksin COVID-19," katanya.

Dirinya mengklaim bahwa jumlah tersebut cukup untuk pelaksanaan dosis kedua untuk masyarakat dan optimis pelaksanaan vaksinasi ini tercapai, karena saat ini pihaknya masih menunggu terus masyarakat yang datang untuk melakukan vaksinasi.

Dia menjelaskan, dosis pertama yang dilakukan beberapa waktu lalu menghabiskan sekitar 20 ribu dosis vaksin, dan harusnya menyediakan vaksin untuk dosis kedua sebanyak 20 ribu.

"Untuk penyaluran vaksin tersebut belum ada kendala sampai saat ini," kata Kapolda Irjen Pol A Rachmad Wibowo.

Sedangkan untuk masyarakat sendiri sangat antusias dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua tersebut, hanya saja karena kita mencegah kerumunan biasanya kalau datang bersamaan kecuali bukan dosis kedua kita arahkan nanti jam 13.00 WIB, karena hari ini khusus untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua. Tetapi kalau masyarakat ingin suntik vaksin tahap pertama kita layani pada saat kosong Kita layani untuk vaksin pertama.

Disinggung mengenai vaksinasi untuk warga khusus nya Warga Suku Anak Dalam (SAD), Kabid Dokkes Polda Jambi, Kombes Pol Yulie Koesnin menegaskan untuk SAD diserahkan langsung ke Polres yang memiliki warga SAD tersebut.

"SAD kita serahkan ke Polres, dan mereka berkolaborasi dengan dinas kesehatan, baik mengunakan vaksin Dinkes, Polri ataupun TNI bisa juga, karena ditiga instasi itu sudah didrop masing masing untuk vaksin,

Dirinya juga menjelaskan kembali, khusus untuk warga SAD untuk NIK difasilitasi langsung oleh Dinas dukcapil setempat.

"Itu biasanya divasilitasi oleh daerah untuk ke Dukcapil guna mendapatkam NIK, sama halnya dengan warga negara asing dia akan dikonfersi akan dicarikan di Dukcapil. NIK itu bisa masuk kesistem nantinya," kata Kombes Pol Yulie Koesnin.

Lihat videonya disini


Penulis: Ant/Nita
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments