Selasa, 19 Oktober 2021

Sudah Hampir 4 Bulan, Ratusan Kades Terpilih Belum Dilantik

Selasa, 27 Juli 2021 | 11:28:28 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

KERINCI - Sudah hampir 4 bulan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak yang diikuti ratusan desa dilaksanakan di Kabupaten Kerinci. Namun sampai dengan akhir Juli 2021 ini, Kades terpilih tersebut belum juga dilantik.

Informasi, terlambatnya pelantikan Kades tersebut, karena ada desa yang masih bersengketa dan anggaran pelantikan yang tidak ada.

“Jika masalah sengketa Pilkades, desa yang bersengketa pelantikan ditunda saja, jangan gara-gara ada yang bersengketa, desa lain jadi korbannya,” ujar Anton salah seorang masyarakat Kerinci.

“Ini sudah hampir 4 bulan berlalu, masyarakat desa yang masih dijabat Pjs menunggu pemimpin barunya bisa membuat perubahan di desanya,” ungkapnya.

Salah seorang Kades terpilih meminta kepada Dinas PMD dan Pemkab Kerinci untuk segera membuat jadwal pelantikan, karena sudah hampir 4 bulan Pilkades belum juga dilantik.

"Banyak kawan - kawan Kades terpilih menanyakan kapan jadwal pelantikan, saya jawab menunggu jadwal dari Dinas PMD," katanya.

Menurutnya, jika ada desa yang masih bermasalah pada Pilkades serentak April 2021 lalu, ditinggalkan saja. "Desa yang bermasalahkan jadwal pelantikannya bisa terpisah atau menyusul," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kerinci, Syahril Hayadi, mengatakan dalam waktu dekat pelantikan kepala desa terpilih akan segera dilaksanakan. “Jika tidak ada halangan awal Agustus direncanakan pelantikan Kades. Namun tanggalnya belum bisa kita pastikan,” katanya.

Jumlah kepala desa yang akan melaksanakan pelantikan juga belum bisa dipastikan, karena ada beberapa desa dalam status sengketa.

Untuk diketahui, pada Pilkades serentak di Kabupaten Kerinci diikuti sebanyak 152 desa pada 6 April 2021 yang lalu.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments