Selasa, 19 Oktober 2021

Pemprov Jambi Minta Pemda Penuhi Kebutuhan Bahan Pangan Lokal

Selasa, 27 Juli 2021 | 16:56:51 WIB


Gubernur Jambi Al Haris
Gubernur Jambi Al Haris / istimewa

JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi meminta Pemerintah Kabupaten dan Kota di Jambi untuk memenuhi kebutuhan bahan pangan di daerah-nya terlebih dahulu baru melakukan pengiriman ke luar daerah.

"Kita minta pemerintah daerah menjual komoditi pertaniannya di daerah terlebih dahulu, setelah kebutuhan bahan pangan di daerah terpenuhi baru menjual ke luar daerah," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Selasa.

Dijelaskan Al Haris pemenuhan kebutuhan bahan pangan di daerah tersebut bertujuan agar harga jual bahan pangan tidak alami peningkatan. Sebab meningkatnya jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 turut mempengaruhi harga jual bahan pangan. Seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih dan komoditi pertanian lainnya.

Di Provinsi Jambi terdapat daerah-daerah sentra produksi pertanian, seperti di Kabupaten Kerinci dengan produk pertanian cabai, bawang, kentang dan sayur-mayur lainnya. Kemudian di Kabupaten Merangin dengan produksi bawang merah dan bawang putih.

"Yang mulai mahal ini komoditi rumah tangga seperti bawang, cabai dan sayur-sayuran, maka dari itu komoditi pertanian tersebut agar dapat di jual di pasar-pasar dalam wilayah Jambi, sehingga harga tetap stabil," kata Al Haris.

Sementara itu bahan pokok seperti beras, minyak, gula dan tepung harganya masih cukup stabil. Dan jika terjadi peningkatan harga maka Perum Bulog dapat melakukan operasi pasar untuk mengintervensi harga bahan pokok di pasaran.

Selain itu Gubernur Jambi menginstruksikan Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Jambi untuk memastikan stabilitas harga di daerah masing-masing terjamin. Artinya tidak terjadi peningkatan harga yang tinggi. Kemudian Al Haris memerintah agar satgas pangan di seluruh kabupaten dan kota lebih aktif untuk memantau harga bahan pangan dan mengintervensi harga di pasaran agar tetap stabil.

"Kemudian pastikan semua bantuan yang diberikan kepada masyarakat tepat sasaran, seperti bantuan PKH, BLT, BST dan bantuan beras PPKM," kata Al Haris.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments