Kamis, 21 Oktober 2021

Dua Hektare Kebun Karet dan Sawit Warga Terbakar

Rabu, 28 Juli 2021 | 09:21:13 WIB


/ Metrojambi.com

 MUARABUNGO – Di tengah upaya pemerintah mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), namun peristiwa amukan si jago merah masih tetap terjadi.

Kali ini, kebakaran lahan terjadi di Kabupaten Bungo. Sekitar dua hektare kebun karet dan sawit di Dusun Pulau Batu, Kecamatan Jujuhan Ilir, ludes terbakar pada Senin (26/7).

Informasinya, kejadian tersebut terjadi pada Senin sore. Saat itu api membakar dengan cepat, pasalnya di sekitar kebun tersebut banyak rumput yang mati.

Api mulai membakar lahan sekitar pukul 14.20 WIB, namun baru dapat dipadamkan sekitar pukul 18.30 WIB setelah petugas Damkar Bungo tiba di lapangan sekitar pukul 16.20 WIb.

Akibat kebakaran hebat tersebut pemilik lahan diperkirakan mengalami kerugian materi hingga ratusan juta rupiah.

Kasi Penyelamatan Damkar Bungo Ari Yanto ketika dikonfirmasi membenarkan jika terjadi kebakaran lahan.

Menurutnya, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, karena kondisi awal tidak diketahui dan pesan yang sampai ke Damkar juga berantai.

Ia menduga kebakaran ini disebabkan api bekas dari pembakaran pemilik kebun itu sendiri. "Rio (Kades) Pulau Batu menelpon Danpos Jujuhan Ilir memberitahukan ada kebakaran. Danpos melapor ke saya, baru saya perintahkan petugas di Kecamatan Jujuhan untuk membantu," ujarnya.

Ia terpaksa menurunkan petugas Damkar dari Kecamatan Jujuhan, karena mobil di Pos Jujuhan Ilir sedang mengalami kerusakan. "Yang terbakar kebun karet dan sawit warga," kata Ari Yanto.

Hingga kini, pihaknya masih menyelidiki siapa pemilik lahan dan penyebab terjadinya kebakaran. Namun dugaan sementara api berasal dari tunggul kayu yang sengaja dibakar sebelumnya.

Dalam pemadaman itu, pihaknya juga melibatkan TNI, Polri dan masyarakat setempat. "Situasi aman terkendali, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut," imbuhnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments