Senin, 27 September 2021

Polres Merangin Bantu Warga Tingkatkan Perekonomian di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 28 Juli 2021 | 13:37:16 WIB


/ Metrojambi.com

 JAMBI - Polres Merangin di tengah pandemi Covid-19 ikut turun tangan membantu warga memingkatkan perekonomiannya. Seperti di Desa Bedeng Rejo, Kecamatan Bangko Barat, Polres Merangin turut serta membantu warga meningkatkan perekonomian mereka lewat pembudidayaan ubi porang.

Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan mengatakan, kegiatan ini sudah berjalan sekitar enam bulan, bekerja sama dengan LPKNI Kabupaten Merangin.

Irwan menyebutkan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan cara menciptakan kegiatan ekonomi kreatif melalui uji coba penanaman ubi porang.
 
Irwan menyebutkan, kegiatan yang dilakukan Polres Merangin bersama warga tersebut telah membuahkan hasil. Menurut Irwan, ubi porang yang ditanami warga tumbuh subur, dan saat ini sudah memasuki masa panen.

"Kita memanfaatkan lahan tidak terpakai disela-sela tanaman karet warga. Dan alhamdulillah, hasilnya memuaskan. Hasil panennya cukup banyak," kata Irwan, Rabu (28/7).

Dikatakannya lagi, pembudidayaan ubi porang di Desa Bedeng Rejo, Kecamatan Bangko Barat menjadi tempat percontohan oleh Polres Merangin untuk mengangkat perekonomian masyarakat, dan sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi Covid19 saat ini.

"Diharapkan ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan kegiatan serupa," ujarnya.

Sementara itu, Suwignyo, salah seorang petani ubi porang mengatakan, untuk uji coba pertama kali ini hanya baru bisa menanam dengan luas hanya seperempat hektar dengan jumlah tanaman porang sebanyak 5 ribu batang, dalam waktu 6 bulan bisa memanen hasil rata-rata 2,5 kilogram perbatang dengan harga Rp 7.500 perkilogramnya.

Menurut Suwignyo, keuntungan bersih yang bisa diperoleh sebesar Rp 37,5 juta. Sedangkan untuk modal awal dan biaya operasionalnya sudah bisa kembali dengan cara menjual katak atau benihnya dengan harga Rp 250 ribu perkilogram.

"Penanaman porang ini dirasakan sangat membantu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di masa sulit ditengah pandemi ini. Terima kasih atas bantuan serta dorongannya pak Kapolres yang telah membantu kami untuk berkebun kembali," ujarnya.


Penulis: Ikbal
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments