Senin, 24 Januari 2022

Kejati Usut Proyek Rehab SMAN TT

Rabu, 28 Juli 2021 | 08:36:33 WIB


SMAN Titian Teras
SMAN Titian Teras /

 JAMBI - Pekerjaan rehabilitasi gedung SMAN Titian Teras H Abdurrahman Sayoeti pada 2020 diduga bermasalah. Sejumlah pihak mengendus aroma korupsi pada proyek tersebut dan melaporkannya ke Kejaksaan Tinggi Jambi.

Informasinya, sejumlah pihak sudah dipanggil dan diminta keterangan oleh penyidik Pidana Khusus Kejati. Metro Jambi mendapat kabar bahwa selain dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, penyidik juga memeriksa rekanan dan konsultan.

Di antara yang diperiksa adalah Kabid Bina SMA Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Misrinadi. Dikonfirmasi Metro Jambi, Misrinadi mengaku telah diperiksa oleh Kejati Jambi.

“Ya benar, ada yang melaporkan dan saya sebagai KPA sudah diperiksa oleh Kejati,” ujarnya singkat via WhatsApp, Selasa (27/7). Sayangnya, Misrinadi enggan menjawab lebih jauh ketika ditanya soal kasus ini.

Proyek rehab sarana dan prasarana SMAN TT dianggarkan menelan dana sebesar Rp 1,8 miliar dari APBD Provinsi Jambi. Proyek dikerjakan oleh CV Singgasana Suma dengan konsultan pengawas CV Darma Narapati Konsultan.

Sejumlah aktivis menyebut bahwa sebagian proyek tersebut diduga fiktif. Informasi lain menyebutkan pada akhir 2020, progress proyek itu baru sampai 50 persen, tetapi pencarian dilakukan 100 persen.  

Kasi Penerangan Hukum Kejati Jambi Lexy Fatarany membenarkan adanya pemanggilan sejumlah pihak dari Dinas Pendidikan dan SMAN TT. Namun, kata Lexy, tidak banyak yang memenuhi panggilan penyidik.

“Karena PPKM, belum ada yang datang, kecuali Kabid,” ujar Lexy, Selasa (27/7). Lexy mengatakan bahwa penyidik akan menjadwalkan pemanggilan ulang.

Ditanya soal informasi lain yang menyebutkan bahwa penyidik sudah meminta keterangan konsultan dan kontraktor,  Lexy tidak mengelak.

Katanya, ada dua atau tiga orang yang sudah hadir. Namun, dia mengaku belum bisa berkomentar banyak karena masih dalam tahap pengumpulan data.


Penulis: chy/ria
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments