Rabu, 20 Oktober 2021

Danrem Ikuti Rakor Strategi Penanganan Covid 19 pada Wilayah PPKM Level 4

Minggu, 01 Agustus 2021 | 20:28:13 WIB


/ istimewa

Jambi - Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli SIP MM, mengikuti rapat koordinasi membahas langkah dalam penanganan Covid-19 pada wilayah PPKM level 4 Kota Jambi, di lapangan tenis Dinas Pendidikan Kota Jambi, Minggu (01/08/2021).
 
Menurut Danrem, untuk menekan Covid-19 di Provinsi Jambi, mari memakai masker kesehatan dengan benar, sesuai evaluasi yang disampaikan Mendagri, bahwa untuk menurunkan kasus Covid-19 itu ada tiga yang utama harus dilaksanakan.
 
Pertama semua masyarakat menggunakan masker yang benar, yang kedua batasi mobilitas, dan ketiga cegah kerumunan.
 
‘’90 persen pencegahan itu bisa dengan penggunaan masker yang betul, jadi strategi pertama yakni masyarakat kita, harus menggunakan masker ditingkatkan lagi dari 70 persen - 80 persen pengguna masker, maka kita harapkan menjadi menjadi 90 persen sampai 100 persen. Saat menegur masyarakat yang tidak menggunakan masker, lakukan secara santun,’’ ungkap Danrem.
 
Sebelumnya, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK mengatakan, pandemi Covid-19 di Indonesia, sudah terjadi 1 tahun lebih, tepatnya pada 2 Maret 2020. 
 
‘’Sekarang sudah Agustus 2021, berarti sudah 1 tahun 5 bulan, belum ada tanda-tanda Covid-19 ini akan selesai, bahkan cenderung naik," katanya.
 
Menurut Kapolda, upaya penanggulangan Covid-19 ini bisa dibagi menjadi dua cara, pertama adalah di hulu cara yang kedua adalah di hilir.
Cara yang di hulu itu adalah bagaimana kita mencegah penyebarannya. Ini adalah menjadi tugas tanggung jawab kita semua, khususnya di Kota Jambi.
 
Kita fokus pada kegiatan di hulu yakni kegiatan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), serta kegiatan kampanye 5M yang harus kita kerjakan. Kedua di kegiatan hulu ini yang harus dilaksanakan adalah vaksinasi. 
 
Kapolda menjelaskan, vaksinasi itu namanya imunisasi untuk meningkatkan imun dan yang harus dilakukan untuk rumah sakit menyiapkan tempat tidur bagi penderita Covid, mempersiapkan tenaga kesehatan, obat-obatan dan oksigen.
 
Dikatakannya, saat ini kita membahas masalah di hulunya, yang menjadi tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Lurah, Camat, Kapolsek dan Danramil, termasuk saya dan Danrem.
 
Polda bersama Korem sudah menyampaikan saran masukan kepada Gubernur, dalam waktu dekat akan menambah mesin laboratorium, kemarin kita mengikuti arahan dari bapak Mendagri beliau perintahkan setiap kabupaten/kota harus punya laboratorium dan penerapan PPKM harus diperkuat. "Saat ini Kota Jambi bukan lock down namun arahan Mendagri, Jambi melaksanakan PPKM level 4," katanya.
 
Sementara itu, Walikota Jambi Dr Syarif Fasha meminta meningkatkan sinergitas dan persamaan persepsi dalam penanganan Covid-19, baik TNI, Polri dan seluruh instansi.
 
Dikatakannya, inti dari rakor tersebut adalah penegasan wajib masker, pembatasan aktivitas dan mobilitas serta pencegahan kerumunan demi memutus penyebaran Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah. (*)

 


Penulis:
Editor: ikbal ferdiyal


TAGS:


comments