Sabtu, 18 September 2021

Tujuh Pasien Covid Delta Sudah Sembuh

Senin, 02 Agustus 2021 | 08:08:27 WIB


Johansyah
Johansyah /

 JAMBI - Tujuh pasien yang terpapar virus corona varian Delta di Jambi dipastikan telah sembuh. Namun, Satgas Covid-19 Provinsi Jambi tetap melakukan tracing riwayat kontak para pasien tersebut dengan orang lain.

“Sebenarnya mereka sudah selesai. Mereka sudah sembuh setelah dinyatakan positif pada Mei lalu,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah, Minggu (1/8)

Ditanya identitas ketujuh pasien tersebut, Johansyah mengatakan bahwa pihaknya telah mengetahui secara pasti. Akan tetapi, tidak bisa dipublikasikan. “Tidak boleh,” kata dia.

Dia hanya menjelaskan, ketujuh pasien tersebut tinggal di Kota Jambi dan Muarojambi. “Enam orang berasal dari Kota Jambi dan satu orang lagi dari Muarojambi,” ucapnya.

Satgas Covid-19 mengumumkan secara resmi penemuan virus Covid-19 varian Delta dan Delta Plus di Provinsi Jambi pada Rabu (28/7). Menurut Johansyah, dari tujuh pasien tersebut, dua di antaranya terpapar varian Delta AY1 (Delta Plus) dan lima orang AY3.

Adanya varian Delta di Jambi diketahui setelah RSUD Raden Mattaher menerima hasil pengujian oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman di Jakarta. Sebelumnya, RSUD mengirimkan sebanyak 454 sampel kepada Eijkman dan varian baru itu hanya terdeteksi pada tujuh sampel.

Hasil pengujian Eijkman dikirimkan ke Jambi pada 26 Juli 2021 dan baru diterima direktur RSUD Raden Mattaher sehari kemudian. 

Ditanya berapa lagi sampel yang dikirim ke Eijkman,  Johansyah mengaku belum mendapat laporan terkait hal itu. “Nanti saya cek lagi di RSUD,” jawab dia.


Penulis: chy
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj


TAGS:


comments