Minggu, 24 Oktober 2021

Sungaipenuh Masih Kekurangan Guru SD dan SMP

Senin, 16 Agustus 2021 | 11:35:03 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

SUNGAIPENUH - Dinas Pendidikan Kota Sungaipenuh selama beberapa tahun terakhir ini, masih kekurangan tenaga pendidik atau guru untuk jenjang SD dan SMP sederajat.

Banyaknya tenaga pendidik yang pensiun dan tidak adanya penerimaan CPNS untuk tenaga pendidik selama dua tahun terakhir ini, menjadi salah satu penyebab sekolah mengalami kekurangan guru.

Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Sungaipenuh, Fadhlan mengatakan, kekurangan guru mencapai 115 orang, terutama untuk sekolah dasar.

"Sekolah dasar yang paling banyak kekurangan, sedangkan SMP hanya terdapat beberapa mata pelajaran yang kekurangan guru," ujar Fadhlan, belum lama ini.

Dijelaskannya, kekurangan tenaga pendidik di sekolah dasar itu untuk guru kelas, guru mata pelajaran pendidikan jasmani dan guru agama. Sedangkan untuk SMP, hanya kekurangan guru mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Sejauh ini pihak sekolah masih memanfaatkan guru honorer untuk membantu proses pembelajaran di sekolah, terutama yang digaji melalui dana bos dan komite sekolah. "Untuk mengantisipasi kekurangan, maka ada guru honorer yang membantu," ungkapnya.

Berdasarjab data Dinas Pendidikan, setiap tahunnya ada puluhan guru yang pensiun, dan setiap tahun pula dinas pendidikan melalui Pemerintah Kota Sungaipenuh mengajukan penambahan guru ke Menpan RB Republik Indonesia.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments